ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Jokowi Singgung soal Potensi Ekonomi, Saat Resmikan Tambak Ikan Nila di Karawang
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan Model Kawasan Budidaya Ikan Nila Salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu, 8 Mei 2024, pagi.

Dalam pidatonya, Jokowi menyoroti permintaan global yang tinggi terhadap ikan nila sebagai potensi ekonomi yang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Yang akan kita siapkan karena kalau untuk tambak udang sudah enggak mungkin lagi dan yang paling mungkin sekarang ini adalah ikan nila, dipakai untuk tambak ikan nila, yang memiliki demand pasar dunia yang sangat besar sekali. Tahun 2024 saja USD 14,4 miliar, berarti kurang lebih berapa itu, Rp230-an triliun, sangat gede sekali,” ungkap Presiden Jokowi.

Jokowi menilai langkah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam membangun model tambak ikan nila ini merupakan langkah yang tepat.

Dengan adanya model tambak, dilansir dari laman setkab.go.id, pemerintah dapat memperkirakan kapasitas produksi ikan nila dari tambak yang dibangun di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya, Kabupaten Karawang.



Foto: setkab.go.id

“Besarnya permintaan ini harus kita manfaatkan. Tetapi juga jangan langsung membuat yang gede, saya setuju bahwa dibuat model dulu, ada modelingnya dulu. Kalau modellingnya sudah benar, yang diinfokan ke saya dari yang biasanya satu hektare hanya 0,6 ton per hektare menjadi 80-an ton per hektare dan ini nanti akan bisa mengangkut, membuka lapangan kerja yang sangat besar sekali,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menjelaskan bahwa diperlukan anggaran sekitar Rp13 triliun untuk membangun tambak ikan nila di lahan seluas 78 ribu hektar bekas tambak udang.

“Saya bilang kalau Rp13 triliun dari Banten sampai ke Jawa Timur, dari Serang sampai Banyuwangi semuanya bisa dikerjakan, saya kira akan mengangkut tenaga kerja yang sangat gede sekali, membuka lapangan kerja yang sangat besar sekali. Saya kira Rp13 triliun bukan uang yang banyak,” ungkapnya.

Presiden berjanji bahwa jika model tambak ikan nila ini berhasil, pemerintah akan memasukkan anggaran untuk membangun tambak ikan nila secara menyeluruh dalam APBN tahun 2025.

“Sehingga nanti kan kita lihat ini dulu, kemudian kalau memang sangat feasible nanti akan saya siapkan di APBN 2025-2026 dan saya akan bisikin pada pemerintah baru pada presiden terpilih agar mimpi besar ini betul-betul bisa direalisasikan,” tegasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Potensi ekonomi emang harus dimaksimalkan banget nih, sekecil apapun harus dilakukan dengan baik..


Sumber: Link Referensi
scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
167
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan