Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aerolineasAvatar border
TS
aerolineas
Sektor Industri Lemah, Indonesia Sulit Jadi Negara Maju
Jakarta - Mimpi Indonesia jadi negara maju sudah didengungkan sejak lama, dan mencuat kala pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba menerjemahkan mimpi tersebut lewat upaya yang lebih serius, dengan menargetkan tercapai pada 2045.

Namun mimpi tersebut bakal jadi fatamorgana semata jika pemerintah hanya berdiam diri dan tidak melakukan upaya ekstra. Termasuk dengan membanggakan pertumbuhan ekonomi hanya di kisaran lima sampai enam persen per tahun.

Guru Besar Ekonomi yang juga Rektor Universitas Paramadina Didik Junaidi Rachbini pun pesimistis. Apalagi, dengan sektor industri yang terus menerus alami kemunduran.

"Industri kita sekarang ada masalah, karena (cuma) tumbuh tiga sampai empat persen. Dulu waktu (ekonomi tumbuh) tujuh persen, industrinya bisa tumbuh sampai 11 persen. Jadi industri sangat lemah sekali sekarang," ucap Didik dalam siaran Metro TV Economic Challenges yang mengangkat tema 'Indonesia Maju 2045 Fakta atau Fiksi?' dikutip Rabu, 30 Agustus 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan industri (pengolahan) dalam lima tahun terakhir (2018-2022) selalu lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi.

Pada 2018 pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17 persen, sedangkan industrinya cuma tumbuh 4,27 persen. Lalu pada 2019 ekonomi tumbuh 5,02 persen, sementara sektor industri hanya 3,8 persen.

Selanjutnya di 2020 ekonomi Indonesia terkontraksi minus 2,07 persen dan industri juga terkontraksi hingga minus 2,93 persen akibat pandemi covid-19. Di 2021, masa pemulihan, ekonomi tumbuh 3,69 persen dan industri tumbuh 3,39 persen.

Kemudian pada 2022 ekonomi Indonesia berhasil tumbuh normal kembali di level 5,31 persen. Sementara sektor industri hanya tumbuh sebesar 4,89 persen.

Terkait hal tersebut, Didik dengan tegas mendukung upaya Jokowi yang menggaungkan hilirisasi. Karena dengan langkah ini, sektor industri bisa tumbuh menjulang melampaui pertumbuhan ekonomi nasional itu sendiri.

"Strateginya (hilirisasi) industri. Semua negara yang bisa take off itu (berasal dari hilirisasi) industri. Enggak ada lagi," tutur dia.

Di sisi lain, Didik juga tak menampik kritik eks Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli soal mimpi Indonesia menjadi negara maju dengan pertumbuhan ekonomi minimal delapan persen per tahun.

"Inisiatif Presiden (hilirisasi) itu perlu didorong, kritik Rizal juga perlu dikembangkan. Hilirisasi itu salah satunya," ungkap Didik.

https://www.medcom.id/ekonomi/makro/...di-negara-maju

Indonesia akan maju kalau Ganjar jadi Presiden, makanya jangan salah pilih, jangan mau pilih teroris dan koruptor jadi presiden, pilihlah yang hatinya bersih.
sc5
sc5 memberi reputasi
1
417
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan