Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Kepiting Biru Lagi Jadi Buruan Ilmuwan Dunia, Laporkan Kalau Kamu Melihatnya, Gan!


Umumnya petugas kepolisian mencari buronan, hidup ataupun mati, tapi realitanya ternyata ada satu hal yang unik. Beda Polisi beda juga Ilmuwan pasalnya mereka memberi pengumuman tengah kesulitan mencari kepiting berwarna biru hingga saat ini. Untuk apa?

Setahu saya yang saya kenal seumur hidup (kepiting didaerah saya) umumnya berwarna coklat cerah atu coklat gelap, belum pernah saya melihat sendiri kepiting biru secara langsung, entah kalau didaerah kalian mungkin ada, ya?

Sumber laman mengatakan sebuah institusi pendidikan, Universitas Antwerp sedang mencari kepiting biru Atlantik (Callinectes sapidus). Ciri khasnya adalah pada bagian kaki dan capitnya berwarna biru mencolok, sedangkan kedua ujung capitnya berwarna merah cerah. Tidak biasa tapi cantik.

Kepiting Atlantik ini biasa hidup secara alami di sepanjang pantai Atlantik Amerika Utara dan Selatan, tapi dalam beberapa tahun terakhir mereka juga terlihat di Flanders. Bagi orang yang berhasil mendapatkan Kepiting Atlantik ini mungkin bukan uang yang akan didapatkan tapi ucapan terimakasih karena bisa membantu mencegah populasi kepiting menyebar ke wilayah yang lebih luas, kepiting ini menginvansi dan membawa penyakit.



Selanjutnya temuan Kepiting Atlantik ini nanti akan digunakan untuk penelitian dan sebagai bahan didaktik (akan diukur dan DNA-nya akan diurutkan, serta perilaku spesimen hidupnya akan dipelajari dalam pelajaran Biologi).

Kepiting Atlantik memang dikenal eksotik warnanya, tapi dibalik keindahan warnanya seperti hewan kodok jika memiliki warna cerah justru berbahaya karna memiliki racun pada kulitnya. Sedangkan pada Kepiting Atlantik warna biru terang ini menandakan warning bagi hewan asli yang hidup disebuah habitat mereka tinggali.

Kepiting Atlantik sering bersaing dengan organisme lain, mengganggu jaring makanan, menularkan penyakit ke hewan lain dan mengganggu lingkungan, sehingga menyebabkan kerusakan ekonomi dan lingkungan. Itulah alasan mengapa peneliti ingin segera mengendalikan pertumbuhan dan sebarannya sebelum terlambat.

Sebagai info, peringkat teratas jenis kepiting yang merugikan didunia adalah kepiting sarung tangan asal Cina, yang merupakan spesies kepiting invasif paling terkenal. Kepiting sarung tangan Cina telah berkembang pesat di negara Amerika selama seratus tahun belakangan ini.

Seperti kepiting sarung tangan dari Cina, Kepiting Atlantik inipun bukan hewan asli melainkan pendatang yang keberadaannya terdeteksi pertamakali hidup di Flanders pada tahun 1993 dan kini penyebarannya mulai mengkhawatirkan.



Mereka para kepiting kemungkinan besar ditemukan di sepanjang pantai Laut Utara, dan di pedalaman sepanjang Scheldt hingga Antwerpen, dan di dermaga pelabuhan. Dalam sebuah pesan mereka meminta kita segera hubungi Universitas Antwerp melalui email jika kedapatan melihat keberadaan Kepiting Atlantik berwarna biru cantik ini.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp| img : gugel 


Diubah oleh iskrim 29-08-2023 04:24
yasyah81
ufo60
provocator3301
provocator3301 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan