Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Farewell KRI Slamet Riyadi! Frigat Ini Dikaramkan Empat Rudal Anti Kapal
Quote:


Dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI yang dilakukan pada akhir Juli 2023 lalu, KRI Slamet Riyadi jadi kapal kedua yang dijadikan sasaran tembak rudal anti kapal TNI AL. Sebelumnya pada 30 Juni 2023 lalu, KRI Karang Tekokjadi target uji coba penembakan rudal anti kapal Exicet MM40 Block 3 oleh KRI I Gusti Ngurah Rai.

Sebagai kapal angkut personel dan dulunya sempat digunakan untuk mengangkut penumpang sipil, maka hanya butuh satu rudal untuk menenggelamkan kapal tersebut. Sementara KRI Slamet Riyadi, yang merupakan kapal jenis frigat, ditembakkan 4 rudal anti kapal buatan China dan Prancis. Mengutip artikel resmi TNI, rudal anti kapal yang digunakan adalah Exocet MM40 Block 3 buatan Prancis serta rudal C-802 dan C-705 buatan China.

Uji coba penembakkan rudal dilakukan di Laut Jawa pada 31 Juli 2023 lalu dan melibatkan empat kapal yang terdiri dari KCR (Kapal Cepat Rudal) KRI Tombak 629, frigat KRI RE Martadinata 331, frigat KRI Yos Sudarso 353 dan korvet KRI John Lie 358. Berikut ini adalah sekilas profil rudal yang ditembakkan untuk menenggelamkan KRI Slamet Riyadi:

Quote:


Selain dihantam 4 rudal anti kapal, KRI Slamet Riyadi juga dihantam 4 bom Mk 12 yang masing-masing dijatuhkan oleh dua F-16 TNI AU. Ke-4 bom tersebut berhsil mengenai sasaran, dan serangan terakhir tersebut mengakhiri riwayat kapal frigat buatan Belanda tersebut.

Mengutip artikel indomiliter.com, KRI Slamet Riyadi merupakan bagian dari keluarga Van Speijk Class yang terdiri dari 6 unit kapal. Dan KRI Slamet Riyadi adalah kapal pertama dari kelas ini. KRI Slamet Riyadi dibuat oleh galangan kapal Koninklijke Maatschappij de Schelde, Vlissingen, Belanda pada 1 Oktober 1963.

Nama asli kapal adalah Hr. Ms. Van Speijk, dan resmi diluncurkan pada 5 Maret 1965 serta mulai bertugas bersama Angkatan Laut Belanda pada 14 April 1967. Angkatan Laut Belanda memensiunkan HNLMS Van Speijk pada 13 September 1986. Pada tahun yang sama, Indonesia memborong 6 unit kapal bekas pakai tersebut. Untuk komposisi sistem senjata masih asli masih melekat di kapal. Keenam kapal dikirim bertahap mulai tahun 1986 - 1990. KRI Slamet Riyadi jadi kapal pertama yang diterima pada tahun 1986.


Quote:


HNLMS Van Speijk dengan nomor lambung F802 kemudian berganti nama menjadi KRI Slamet Riyadi, dan memakai nomor lambung 352. Pada perkembangannya telah dilakukan berbagai macam peningkatan mulai dari senjata dan mesin. Pada masanya, kapal ini merupakan salah satu kapal kombatan tercanggih yang dimiliki TNI AL. Kapal kemudian resmi pensiun pada 16 Agustus 2019 dan riwayatnya tamat di Laut Jawa pada 31 Juli 2023. Farewell KRI Slamet Riyadi !




-----------------------




Referensi Tulisan: indomiliter.com& TNI
Sumber Foto: sudah tertera
otongtongki
69banditos
black.robo
black.robo dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan