Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Bagaimana Cermin Bisa Melihat Objek yang Tertutup Selembar Kertas? Ini Penjelasannya


Btw karena gw bukan seorang penulis jadi gw copas aja dari sumber berita

Merdeka.com - Sebuah teka-teki yang memperlihatkan bagaimana sebuah cermin dapat memantulkan objek yang tertutup kertas di atasnya menjadi viral di TikTok.

Meskipun objek tokoh fiktif Mario Bros terhalang oleh selembar kertas, objek tersebut masih dapat terlihat ketika sisi kamera diubah.

Cermin memang sering membingungkan otak manusia. Kita berasumsi bahwa cermin hanya memutarbalikkan pantulannya dari kanan ke kiri. Asumsi tersebut ternyata tidak benar.

Cermin memutarbalikkan hal dari dalam ke luar. Layaknya sarung tangan yang diputar balik, cermin akan mereplikasikan imaji "terbalik dari bagian dalam" yang terdapat dari sekelilingnya.

Sederhananya, cermin berfungsi untuk menciptakan sekelilingnya versi dari dalam.

Ketika kita memandang suatu objek yang ada di depan kita, sebuah garis pandangan dari mata kita akan ditargetkan ke objek yang ada di depan mata kita.

Saat kita berdiri di depan cermin, kita akan melihat pantulan gambar kita. Pantulan tersebut dipantulkan kembali oleh cermin, dan kita melihat "garis" pantulan tersebut.

Apabila muka kita berupa topeng sempurna, pantulan yang kita lihat dari cermin sederhananya merupakan pantulan yang terlihat dari sisi dalam topeng muka kita.

Objek yang tertutup kertas akan terpantul pada cermin apabila kita mengubah sudut pandang kita terhadap cermin.

Cahaya atau gambar akan dipantulkan cermin secara tegak lurus. Ketika ada celah antara objek yang tersembunyi dengan cermin yang dapat dilihat oleh mata kita, pada saat itulah objek tersebut tampak timbul pada cermin.

Terdapat sains yang menarik pada cermin untuk dipahami. Meskipun tampak membingungkan, mekanisme pemantulan cahaya pada cermin sebenarnya cukup sederhana.

 
Quote:
Diubah oleh cuacarino123740 19-04-2023 08:20
bukan.bomat
KeepAway
KeepAway dan bukan.bomat memberi reputasi
2
2.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan