Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Tiga Kepala Daerah Tolak Israel Main di Indonesia di Piala Dunia U-20
Tiga Kepala Daerah Tolak Israel Main di Indonesia di Piala Dunia U-20

Sabtu, 25 Maret 2023 19:55 PM


Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala daerah dari tiga wilayah secara terbuka dan administratif menolak penampilan tim nasional Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Jawa Tengah Ganjar PranoWo dan kini Walikota Bengkulu Helmi Hasan telah mengirimkan surat kepada FIFA dan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menolak keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Menurut Wali Kota Bengkulu, alasan penolakan mereka, karena Israel merupakan penjajah, di mana penjajah bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Israel melakukan penjajahan atas Palestina. Konstitusi, UUD 45 tegas menolak tindakan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Bung Karno pendiri bangsa ini juga tegas dalam hal ini. Tegas dalam melihat aksi penjajahan Israel terhadap Palestina,” tulis Helmi Hasan dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/3/2023).

Helmi mengatakan, surat penolakan ini secara resmi dia sampaikan pada Presiden FIFA Gianni Infantino dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dari surat yang beredar ke media, surat penolakan ini dikirimkan ke FIFA dan Kemenpora pada Jumat 24 Maret 2023.

Wali Kota Helmi Hasan juga menyebut Kota Bengkulu merupakan Kota Kelahiran dari Sang Saka Merah Putih atau Bendera Merah Putih.

Ia juga mengajak para pemimpin daerah lain di Indonesia untuk menyampaikan keberatan mereka terhadap keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20.

“Diharapkan, dukungan dari berbagai pihak akan memberikan tekanan yang lebih besar kepada pemerintah pusat dan Menteri Pemuda dan Olahraga untuk mengambil keputusan yang sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan yang dianut oleh Indonesia,” katanya.

Sebelumnya terdapat dua kepala daerah menyampaikan hal serupa seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Sebagai kader PDIP, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah memberikan sikap tegas dengan menolak kehadiran Timnas Israel.

Menurutnya, itu adalah bentuk komitmen dukungan bagi perjuangan Palestina untuk memerkdekakan diri, seperti amanat Ir. Soekarno Presiden Pertama Republik Indonesia.

“Kita tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina. Jadi kita ikuti amanat beliau,” ujar Ganjar di Semarang, Kamis 23 Maret 2023.

Gubernur Bali I wayan Koster

Wayan Koster menyampaikan surat yang berisi penolakan timnas Israel bertanding di Bali dalam ajang Piala Dunia U-20, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Surat dengan nomor T.00.426/11470/SEKRET tentang Penolakan Tim Israel Bertanding tersebut, diteken Wayan Koster pada 14 Maret 2023.

“Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali,” kata Wayan Koster dalam suratnya kepada Menpora.

Piala Dunia U-20 dijadwalkan diselenggarakan di enam provinsi di Indonesia antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Bali, pada 20 Mei-11 Juni 2023. (pojoksatu)

https://fajar.co.id/2023/03/25/tiga-...u-20/?page=all
nomorelies
pilottempur1718
pilottempur1718 dan nomorelies memberi reputasi
2
1.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan