Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

frusty24919Avatar border
TS
frusty24919
Cara Mengatasi HP Vivo Ngehang, Untuk Semua Tipe (Work)
Cara Mengatasi HP Vivo Ngehang – Vivo merupakan penyedia ponsel yang cukup populer di Indonesia, bagaimana tidak setelah merilis Vivo V25e, kini vivo sendiri merilis ponsel terbarunya yaitu Vivo V25 5G. Sebagai penyedia hp, vivo sering kali menghadapi masalah yang cukup krusial, seperti hp vivo selalu mentok di logo dan yang terbaru adalah hp vivo selalu ngehang.
Hp Vivo ngehang menyebabkan kita tidak bisa mengoprasikan hp tersebut, dikarenakan terjadi crash di dalam software dan hardware sehingga perlu diatasi secara cepat. Apalagi di jaman teknologi sekarang penggunaan hp sudah masuk ke ranah pendidikan dan bisnis, kita tidak bisa lepas dari yang namanya hp.
Sebelum kita masuk ke cara mengatasi alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa saja penyebab hp vivo ngehang
Penyebab HP vivo selalu ngehang

Ada banyak penyebab mengapa hp vivo kita selalu ngehang, namun yang pasti hp yang selalu ngehang atau freeze membuat proses pekerjaan kita menjadi terhambat. Sangat menyebalkan jika kita sedang asik bermain hp tiba tiba hp tersebut tidak bisa digunakan seperti tidak bisa dinyalakan padahal kondisinya sedang darurat atau ketika perjalanan jauh dan memerlukan hiburan di ponsel namun malah ngehang, tidak lucu bukan?
1. Banyak Menggunakan Aplikasi

Banyak menggunakan aplikasi akan memakan ruang memori anda, sehingga memori menjadi penuh dan limit. Untuk itu penggunanya harus teliti dalam menggunakan aplikasi, jangan menggunakan aplikasi secara banyak dalam satu waktu atau bisa coba menghapus aplikasi yang tidak penting. Selain bisa membuat hp ngehang menggunakan banyak aplikasi juga dapat menurunkan kinerja hp loh, jadi lebih berhati – hati ya.
2. Masalah Cache Hp Vivo
Cache adalah data yang sebelumnya digunakan di aplikasi atau browser anda. jika cache menumpuk maka prosesor hp anda akan panas dan terjadilah crash atau ngehang pada hp vivo anda. Solusinya adalah bersihkan cache hp minimal sebulan sekali supaya hp anda tetap nyaman dan lancar untuk digunakan. Banyak sekali aplikasi penghapus cache yang ada di internet, bisa berbayar maupun gratis. Sebelumnya saya sudah share beberapa aplikasi pembersih ram, bisa cek Cara Membersihkan Sampah di HP Vivo Auto Jadi Lancar.
3. Software vivo belum di update
Sering kali kita lupa akan memperbaharui perangkat lunak hp vivo, sehingga perangkat lunak kita masih menggunakan versi yang belum di-update, untuk itu cobalah cek di pengaturan lalu klik pembaharuan sistem apakah perangkat lunak anda sudah menggunakan versi terbarunya? jika belum segeralah update karena itu akan memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya. Selain itu mengupdate perangkat lunak juga bisa membuat kinerja hp vivo anda menjadi maksimal loh.
4. Virus dan Malware
Virus merupakan salah satu penyebab yang paling fatal ketika hp vivo anda mengalami crash atau ngehang. Anda bisa menggunakan anti virus untuk membersihkan virus yang ada di hp vivo anda. Perlu diketahui bahwa virus bisa ada dalam handphone anda karena penggunanya mendownload aplikasi yang bukan dari situs resmi seperti bukan mendownload dari playstore tapi mendownload dari situs yang ilegal.
5. Baterai Bermasalah
Jika sebelumnya sudah membahas tentang baterai iphone yang bermasalah sehingga menganggu kesehatan hp, maka sama halnya dengan hp vivo anda, karena baterai sangatlah berpengaruh dalam hal kesehatan hp. Selain Baterai komponen lain seperti RAM juga bisa menjadi penyebab mengapa hp vivo anda menjadi ngehang. Solusinya adalah cek kondisi hp anda ke gerai service official untuk memperbaiki komponen tersebut.
Mengatasi HP Vivo selalu ngehang

Banyak sekali cara untuk mengatasi hp vivo yang selalu ngehang, tapi disini kebanyakan cara tersebut mungkin masih tidak bekerja dengan baik. Sebenarnya masalah nya mungkin bisa jadi karena ada virus tersembunyi atau cache yang sudah menumpuk. Berikut cara mengatasi hp vivo selalu ngehang :
1. Restart HP Vivo anda
Langkah pertama cobalah restart ponsel anda, dilansir dari situs resmi vivo.com, jika ponsel sedang mengalami ngehang atau crash anda bisa melakukan muat ulang ponsel dengan cara menekan tombol power selama 30 detik. Ketika anda sedang merestart ponsel otomatis semua aplikasi yang berjalan menjadi tidak berjalan, sehingga memori menjadi bersih. Cobalah restart hp vivo anda minimal seminggu 1 atau 2 kali ya.

2. Hapus data aplikasi
Menghapus data aplikasi membuat memori anda menjadi tidak penuh. Penyebab hp vivo ngehang sendiri yang paling fatal adalah data aplikasi dan cache menumpuk, cobalah hapus data aplikasi yang menurut anda tidak penting, jika dirasa masih kurang anda bisa menghapus sebagian aplikasi yang tidak digunakan guna untuk kelancaran hp vivo anda.
3. Gunakan memori eksternal
menggunakan memori eksternal ketika memori internal sudah penuh adalah solusi yang paling bagus. Anda bisa memindahkan data aplikasi yang ada di memori internal ke memori eksternal agar hp vivo anda tidak ngehang dan bisa berjalan dengan normal.
4. Factory Reset
Jika semua cara diatas tidak berhasil maka factory reset adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi hp vivo yang selalu ngehang dan tidak bisa digunakan. Namun perlu diingat bahwa cara ini akan membuat semua data dan foto – foto anda menjadi terhapus, alangkah baiknya membackup terlebih dahulu data yang menurut anda penting sehingga jika terjadi kesalah bisa langsung me-restore data anda kembali. Cara factory reset sangatlah mudah, anda bisa mengikuti cara dibawah ini :
Masuk ke setting hp vivo anda
Lalu cari setting lanjutan
Klik “Backup & Reset”
lalu “”Erase All Data”
Tunggu beberapa saat
Selesai.

Cara diatas sangat mudah namun anda harus teliti ketika menggunakannya. Jika dirasa masih sering ngehang ada baiknya melakukan service hp ke konter atau ke gerai vivo langsung.

sumber: Cara Mengatasi HP Vivo Ngehang, Untuk Semua Tipe (Work) - Mbaheza


darmawati040
Okutet
Okutet dan darmawati040 memberi reputasi
2
1.6K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan