Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Waspada! Gagal Ginjal Akut Kembali Muncul, Berikut Faktanya!

Sumber Gambar

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting berfungsi untuk menyaring limbah yang dibawa oleh darah. Apabila tidak ada ginjal, maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Untuk itu, ginjal menjadi organ yang keberadaannya cukup vital. Berbagai masalah kesehatan kerap mengancam ginjal kita, salah satunya adalah gagal ginjal.

Gagal ginjal merupakan suatu kondisi di mana ginjal tidak lagi melakukan tugasnya seperti biasa. Hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti urine tidak normal, sakit kepala hingga kesadaran yang menurun.

Beberapa waktu lalu, di tahun 2022 sempat marak beredar informasi mengenai gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Salah satu yang diduga sebagai penyebabnya adalah karena obat sirup. Menkes pun meyakini bahwa penyebab gagal ginjal pada anak ini akibat obat sirup yang tercemar oleh etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).


Sumber Gambar

Dan pada Februari tahun ini, kasus gagal ginjal akut kembali bermunculan lagi. Dinkes DKI Jakarta mengkonfirmasi adanya dua temuan kasus baru anak yang mengalami gagal ginjal akut pada akhir Januari lalu. Bahkan satu anak sampai meninggal dunia dan satu lagi masih dalam perawatan di rumah sakit.

Untuk anak yang meninggal, sebelum ia mengalami demam tinggi hingga dinyatakan gagal ginjal akut, ia sempat meminum obat penurun panas dengan jenis sirup yang dibeli di apotek. Obat sirup tersebut bermerk Praxion. Akibat temuan ini, BPOM RI melakukan langkah cepat dengan menyetop peredaran obat ini dan melakukan uji coba.

Dari dari hasil lab tersebut, hasilnya obat sirup Praxion ini dinyatakan amat dan bebas zat bahan berbahaya. Artinya apa? Artinya bukan obat sirup Praxion yang jadi penyebab gagal ginjal akut ini. Bisa jadi obat lain yang belum diketahui atau bahkan bukan dari efek obat apapun. Lantas apa yang jadi penyebab gagal ginjal akut ini?


Sumber Gambar

Sampai sekarang belum diketahui secara jelas apa yang jadi penyebabnya. Kita pun belum tahu bagaimana caranya untuk mencegah penyakit ini menimpa anak kita. Tapi yang terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencegahnya. Berikut adalah cara untuk mencegah atau mengurangi resiko gagal ginjal untuk anak:

Biasakan hidup sehat pada anak dengan memberi makanan dengan gizi dan nutrisi yang seimbang. Serta mengajari anak untuk berolahraga.

Ingatkan anak untuk selalu minum air yang cukup dan jangan sampai dehidrasi.

Hindari meminum terlalu banyak macam obat-obatan kepada anak.

Menjaga berat badan anak agar tetap ideal.



Sumber Gambar

Bentuk-bentuk pencegahan di atas menjadi langkah terbaik bagi kita untuk anak kita agar terhidar dari gagal ginjal akut. Hanya ini yang bisa kita lakukan sembari menunggu para dokter menemukan apa yang jadi penyebab pasti gagal ginjal akut ini.

Apakah kalian pernah menemui kasus gagal ginjal akut GanSis?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MUF0REVER
faldytanjungmsr
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.4K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan