Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Peringati 33 Tahun Tragedi Tiananmen, Massa Mahasiswa Demo di Depan Kedubes China
Peringati 33 Tahun Tragedi Tiananmen, Massa Mahasiswa Demo di Depan Kedubes China
Jumat, 3 Juni 2022 18:27 WIB

Demonstrasi Mahasiswa di depan Kedubes Republik Rakyat China, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perwakilan mahasiswa berbagai universitas yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Islam (AMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Rakyat China, Setiabudi, Jakarta Selatan pada Jumat (3/6/2022).
Massa mahasiswa meminta pemerintah Tiongkok bertanggung jawab atas tewasnya ribuan mahasiswa dalam tragedi berdarah Tiananmen yang terjadi 4 Juni 1989 silam di China.
Koordinator aksi, AA Dawan mengatakan otoritas China harus bertanggung jawab terkait tewasnya mahasiswa di China saat unjuk rasa di Lapangan Tiananmen.
"Ribuan rekan-rekan kami, mahasiswa di China yang menyuarakan keinginan rakyat agar reformasi segera dilakukan Tiongkok, tewas diberondong peluru tajam pasukan militer," kata Dawan kepada wartawan, Jumat.
Dari berbagai berita dan video peristiwa tersebut, AMI menyebut menemukan bukti tindak kekerasan yang dilakukan militer China kepada para mahasiswa.
Namun China masih menutupi tragedi Tiananmen meski dokumentasi beredar luas di media sosial. Massa pun menuntut negara dunia termasuk Indonesia.
Dalam aksi tersebut, massa juga membawa dua spanduk berisi tuntutan, dan menggelar teatrikal suasana tragedi Tiananmen, serta kekejaman Tiongkok terhadap jutaan muslim Uighur, yang terjadi di wilayah Xinjiang China.
"Pemerintah China juga harus menghentikan seluruh pelanggaran berat HAM terhadap jutaan Muslim Uighur di Xinjiang, dan mendesak Presiden China di Xi Jinping untuk bertanggung jawab di hadapan Mahkamah Internasional," pungkas Dawan.

https://www.tribunnews.com/nasional/...-kedubes-china

muhamad.hanif.2
bukan.bomat
bukan.bomat dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
1.3K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan