Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paman.LarukuAvatar border
TS
paman.Laruku
Pendakwah Sofyan Chalid Sebut Pancasila Bid’ah


Terkini.id, Jakarta – Sebuah video ceramah lawas pendakwah, Ustadz Sofyan Chalid Ruray menyebut Pancasila bid’ah menuai sorotan publik tak terkecuali netizen di media sosial. Video lawas Ustadz Sofyan Chalid sebut Pancasila bid’ah itu viral usai foto tangkapan layar pemberitaan terkait pernyataan penceramah itu diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Kamis 5 Mei 2022. “Cuk  Juk di tungkak cingure,” cuit netizen itu sambil menyertakan foto tangkapan layar artikel pemberitaan terkait isi ceramah Sofyan Chalid singgung Pancasila tersebut.


Adapun video ceramah Ustadz Sofyan Chalid Ruray itu diunggah oleh kanal YouTube GudoK Lo-MaX berjudul ‘Sofyan Chalid Sebut Pancasila Bid’ah’. Dalam video itu, Ustadz Sofyan Chalid Ruray mengatakan tidak ada sama sekali zikir membaca Pancasila. Maka dari itu, ia menyebut membaca Pancasila adalah bid’ah.


“Sama sekali nggak ada dalilnya. Dan bid’ah seperti ini mudah dikenali. Contohnya jamaah sekalian berzikir kepada Allah dengan lafaz-lafaz yang diciptakan sendiri bukan dari Rasullullah SAW. Sama sekali lafaz-nya tidak ada dalil yang menunjukkan itu zikir. Contohnya apa? Membaca Pancasila,” ujar Sofyan Chalid. Selain itu, ia juga menyinggung soal hadist Cinta Tanah Air. Menurutnya, hadist terkait hal itu memang ada namun palsu. “Hubbul Wathan Minal Iman. Cinta Tanah Air termasuk keimanan. Jamaah sekalian ini hadits palsu. Ada haditsnya tapi palsu,” tuturnya.


Lebih lanjut, Ustadz Sofyan juga menyebut cinta tanah air maknanya tidak mutlak. Buktinya, orang-orang kafir pun kata dia juga cinta dengan tanah air mereka. “Maka sebagian ulama menjelaskan maknanya pun tidak mutlak. Kenapa? Karena itu sifatnya tabiat manusia. Buktinya orang-orang kafir pun cinta Tanah Air,” jelasnya. Sontak, pernyataan Ustadz Sofyan Chalid sebut Pancasila bid’ah menuai sorotan warganet. Salah satu netizen, SeijiNobel menilai penceramah itu telah menghina lambang negara tersebut. “Sofyan Chalid Menghina Indonesia, Pancasila & Agama Dengan Cara Fitnah, Karena Ia Adalah Keturunan Dajjal,” ujarnya.

sumur

astagfirullah, klo begitu umat wajib pindah negara emoticon-Kagets
Proloque
viniest
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.5K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan