Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Banyak Guru yang Tidak Dihargai Murid, Ini Pentingnya Pendidikan Moral dan Adab
Banyak murid yang tidak tahu cara bersikap sopan dan santun terhadap guru, pahami pentingnya pendidikan adab dan moral


Murid bersikap tidak sopan dan berani dengan gurunya di sekolah, nampaknya ini bukan pemandangan baru di masa ini GanSis.

Sering terjadi tindakan murid merendahkan gurunya sendiri saat di sekolah baik itu dengan cara langsung seperti tidak mengikuti peraturan, membantah saat diberitahu, atau memancing emosi guru dengan bersikap urakan tanpa tahu batasan murid dengan guru.

Lucunya lagi berbeda dengan sekolah zaman dulu saat ini guru dilarang memberikan sanksi tegas seperti menjewer atau mencubit muridnya yang mungkin di zaman dulu itu adalah hukuman yang wajar dan dapat memberikan pelajaran serta sanksi kepada anak-anak yang bandel agar tidak mengulangi kesalahan serupa.

Sekarang murid mendapatkan sanksi kecil dan ringan pun guru dipermasalahkan bahkan sampai dengan dituntut masuk bui oleh wali murid yang tidak terima anaknya mendapatkan hukuman.




Apakah wajar murid bersikap tidak sopan dan melecehkan gurunya sendiri yang seharusnya menjadi orang tua sekaligus pendidik saat di sekolah?

Tentu itu sangat tidak wajar ya GanSis, karena tidak sepantasnya seorang murid berani atau bahkan bersikap tidak sopan kepada gurunya sendiri. Jika hal tersebut dapat terjadi maka perlu dipertanyakan pendidikan moral, adab, serta sopan santun yang diajarkan di rumah.

Moral dan mental anak dapat dikatakan mulai terbentuk dan terpengaruh dari didikan orang tua di rumah GanSis.
Orang tua memiliki peran penting untuk mengajarkan sopan santun, adab, dan jiga cara bersikap baik menghormati orang sekitar.

Anak akan menjadi cerminan orang tua saat ada di sekolah. Sejauh yang ane ketahui, mereka akan bersikap sopan dan beradab jika orang tuanya mengajarkan sopan santun dan adab itu sendiri sedari kecil.




Lalu dimana dan pada siapa pendidikan moral dan adab dapat dipelajari melihat moral dan adab itu penting diajarkan dari masa anak-anak?

Ini dia jawabannya GanSis.


1. Orang Tua

Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak-anak mereka karena anak memiliki waktu yang cukup banyak bersama dengan orang tuanya.

Itulah sebabnya pendidikan moral dan adab harus diajarkan oleh orang tua kepada anak sedini mungkin agar dapat dijadikan sebagai kebiasaan dan karakter mereka.

Saat orang tua telah mengajarkan adab sopan santun, menghargai orang lain, bersikap baik dengan sesama, maka mereka akan baik saat bertemu dengan orang lain termasuk kepada gurunya di sekolah.

2. Guru

Selain orang tua di rumah, guru di sekolah juga dapat berperan untuk mendidik moral dan adab dari para siswa dan siswinya GanSis.

Anak-anak usia sekolah menghabiskan kurang lebih 7 jam dalam sehari untuk belajar dan bersosialisasi di sekolah, inilah waktunya guru mengajarkan pendidikan moral dan adab untuk membentuk karakter yang baik dan berprestasi.

Mungkin sejauh inu belum ada pelajaran pendidikan moral dan mental, itulah sebabnya masih banyak anak-anak yang kurang ajar terhadap gurunya.

3. Lingkungan

Lingkungan yang baik akan memberikan pelajaran baik bagi anak-anak GanSis, begitupun sebaliknya jika lingkungan tidak baik maka akan berpengaruh terhadap karakter dari anak-anak Agan dan Sista.

Itulah sebabnya dengan siapa anak-anak Agan dan Sista bergaul GanSis harus tahu, agar tidak terlalu jauh mereka lepas sampai tidak tahu mana yang baik dan buruk.

sumber gambar

Itulah tadi GanSis betapa pentingnya pendidikan moral dan adab pada anak-anak dan dimana mereka dapat belajar itu semua.

Sangat disayangkan jika sekolah yang seharusnya dapat menjadi tempat menuntut ilmu, anak menjadi murid dan guru adalah orang tua disekolah namun antara keduanya tidak ada keharmonisan karena kurangnya adab dan sopan santun murid pada gurunya.

Mudah-mudahan kedepannya para orang tua lebih perhatian terhadap moral dan adab dari anak-anak mereka dan sekolah pun bisa berperan aktif membentuk mental anak-anak menjadi lebih baik.


sumber gambar

Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
myasanmia
Bgssusanto88
nurhuda008
nurhuda008 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan