Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Yang Paling Enak Saat Menikmati Bakso Langganan, Kamu yang Mana?


[ HT# 858 ]

Berbicara makanan sejuta umat ini, bakso ternyata usianya sudah sangat lama. Menurut info yang saya dapat awal ditemukannya 'gelindingan' atau butiran bakso antara tahun 1368-1644 era Dinasti Ming. Meng Bo, adalah penemunya yang ingin memasakan daging empuk dan lembut untuk sang ibu tercinta.

Tidak dinyana, bakso berkembang pesat dengan berbagai varian, bentuk, dan rasa serta  sayuran yang menyertainya. Saya, sebagai penikmat bakso pun sangat menyukai makanan ini terlebih bakso urat dengan kuah bening yang segar dan agak pedas. Hm...

Bicara soal selera makanan tentu tiap orang ada yang berbeda, ada yang sukanya lebih ke bakso uratnya, ke bakso telornya, atau sensasi rasa kuah yang berkarakter kuat seperti ingin lebih pedas dan kental.

Ya, makan bakso memang selalu menyenangkan di cuaca apapun dan kapanpun. Maka disetiap kesempatan orang yang ingin menikmati bakso sesuai selera terkadang pembeli sering me-request hal-hal seperti dibawah ini.



Pertama, minta sambal, kecap, dan atau saos yang lebih banyak dari porsi standar. Saya saja sampai heran ada teman setiap makan bakso dia minta sambalnya sampai 2-3 sendok. Entah sensasinya kurang 'nendang' jika kurang pedas atau bagaimana yang jelas bikin penjualnya mikir.

"Itu, mbaknya kalau sudah makan disini selalu minta sambelnya sampai 2-3 sendok, sausnya  juga", kata pakde Dar langganan kami.

Yang kedua, selain itu ada juga pembeli yang maunya minta kuah yang lebih banyak, alasannya karena kuah kaldunya mungkin lebih enak kalau di 'sruput' sampai habis. Istilah mukbang makan mie baksonya kalau nggak bersuara itu belum sah namanya (tapi ini nggak saya sarankan sih).



Yang ketiga itu masalah sayuran, ada orang yang suka banyak sayurannya baik itu sawi atau toge. Saya sendiri juga penyuka sayuran sawi kalau makan bakso tapi bukan yang berlebihan. Nggak lengkap rasanya kalau makan bakso nggak ada sayuran hijau-hijaunya, tapi yang harus diingat adalah mintalah pada pejual agar sawinya dibuat matang dulu karena kadang saya melihat ada penjual yang memberikan sawi sebagai toping baru menyiramnya dengan air panas. Memang sih terasa segar dan 'krenyes' saat dimakan tapi sepertinya nggak sehat ya kalau sering dikonsumsi.

Yang keempat, adalah pembeli yang senangnya minta 'sandung lamur' yaitu tetelan daging tulang muda. Ini sangat enak dan jarang ada, kalaupun ada biasanya penjual hanya memberikan kalau dagangannya sudah mau habis atau mau tutup karena sandung lamur ini lemaknya untuk menambah kuah kaldu lebih nikmat. Jadi jika kamu meminta sandung lamur atau tetelan ini dan diberi oleh penjualnya adalah sebuah keberuntungan.



Yang terakhir, sering makan bakso bukan karena makanannya, tapi karena cuma ingin ketemu dan melihat penjualnya. Kalau ini mungkin para jombloers atau jomblowati pernah melakukannya. Ya, meski hanya sebentar saja ketemu, tapi rasanya sudah seneng banget. Hehe, besok balik lagi, yaa! emoticon-Ngakak (S)



Sebuah opini,
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim 27-11-2021 11:03
wo.shi.mei.nv
bukhorigan
cheria021
cheria021 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.4K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan