Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nandapuspaaAvatar border
TS
nandapuspaa
PMM UMM 13 Gelombang 13 Beri Edukasi Ajak Anak Panti Asuhan Yasibu Mengelola Sampah

Permasalahan sampah masih saja ada di sekitar kita, Berbagai permasalahan sampah seperti banjir masih sering kali terjadi, apalagi hal yang paling dikhawatirkan adalah ketika kota-kota disekitar menjadi kota darurat sampah, seperti yang kita ketahui limbah plastik sangat sulit diuraikan, sehingga hal ini dapat mengakibatkan pencemaran pada tanah, oleh karena itu kami berinisiatif untuk mengajak anak-anak khususnya memberi edukasi sedini mungkin agar mereka dapat lebih peka terhadap lingkungan sekitar sesuai dengan tujuan kelompok kami yaitu dapat meningkatkan wawasan serta potensi kreativitas dalam keterampilan anak.

Sampai saat ini pemanfaatan sampah terutama limbah plastik untuk diolah menjadi kerajinan yang memiliki kebermanfaatan masih minim adanya. Hampir sebagian besar masyarakat justru membuangnya secara langsung daripada memanfaatkan limbah plastik tersebut. Untuk itu pula kami selaku peserta Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 13 Gelombang 13 mengajak dan menyelenggarakan edukasi terhadap anak-anak di Panti Asuhan Yasibu. Kegiatan ini bertujuan menambah pemahaman terhadap anak-anak terkait pengelolaan sampah untuk dijadikan kerajinan. 
Untuk membantu permasalahan darurat sampah, kami ikut melakukan aksi kecil sebagai langkah kepedulian terhadap lingkungan dengan memberikan edukasi tentang pengolahan sampah kepada anak-anak di Panti Asuhan Yasibu Malang, fokus kami adalah agar dapat menumbuhkan rasa peduli lingkungan dan agar mereka bisa ikut menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.Kami berharap dapat memberikan edukasi mengenai sampah yang dapat menjadi nilai guna dan nilai ekonomi bagi kehidupan.
Solusi cerdas dalam menangani masalah limbah sampah adalah dengan melakukan daur ulang. Salah satu contohnya yaitu mendaur ulang botol plastik menjadi kerajinan. Sangat sederhana sekali caranya misal mengolah botol plastik menjadi tempat penyimpanan atau wadah. Sehingga jika kita lebih meningkatkan kreativitas akan menghasilkan banyak sekali variasi produk seperti pot bunga, dompet, tempat lilin, wadah aksesoris dan lain sebagainya. Dan apabila hasil dari daur ulang sampah plastik ini memiliki hasil yang baik dan menarik bisa untuk dijadikan usaha mereka.
Salah satu bentuk pemanfaatan dari limbah sampah yang kami buat adalah dengan mengajak anak-anak panti membuat celengan dari botol bekas pakai, kami mengajarkan mereka bagaimana cara membuatnya agar mereka dapat memanfaatkan limbah sampah di sekitar menjadi barang-barang yang dapat memiliki nilai guna.Dengan semangat dan antusias mereka diharapkan dapat menjadi keberhasilan bagi kelompok kami untuk mengajak mereka peduli terhadap lingkungan.


 













yunda.me
AnggaNavie
phyu.03
phyu.03 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
920
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan