Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Film Animasi Terbaik Dalam Satu Dekade Terakhir Versi Ane, Bagaimana Menurut Kalian?
HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Bagaimana kabarnya teman-teman semua? Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dilindungi dari wabah Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini. Aamiin.

Siapa di sini yang sudah dewasa tapi masih suka menonton film animasi? Sini kumpul bareng ane di sini. Karena di thread kali ini, ane akan membahas tentang film animasi terbaik--versi ane--yang sudah ane tonton dalam satu dekade terakhir. Film apa saja itu?


So, don't waste your time, let's move to the list!

***

A. Toy Story 3 (2010)



Butuh waktu delapan tahun untuk menanti kelanjutan kisah Andy dengan mainan-mainan kesayangannya; Woody, Buzz, dan kawan-kawan. Film ini bercerita tentang perjalanan Woody, Buzz dan kawan-kawannya untuk kembali ke rumah Andy. Andy yang sudah dewasa tidak memainkan mainan-mainannya lagi. Ia pun mengemasi mainan-mainannya dalam kantong plastik dan berniat untuk menyimpannya di loteng. Sayangnya ibu Andy malah membuang kantong tersebut karena mengira itu adalah kantong sampah. Dari sanalah petualangan Woody, Buzz, dan kawan-kawannya dimulai. Mereka sempat disumbangkan ke Sunnyside, lalu kabur dan menghadapi banyak rintangan untuk kembali ke rumah Andy.

Toy Story 3 mendapat nilai 8,2/10 dengan 775.496 suara di IMDb. Film ini juga memenangkan 13 penghargaan bergengsi dengan dua diantaranya adalah piala Oscar dengan kategori Best Animated Feature dan Best Original Songs di Academy Awards ke-83, serta satu tropi Grammy Awards 2011 dalam kategori Best Score Soundtrack Album for a Motion Picture Television or Other Visual Media. Prestasi ini membuat Toy Story 3 masuk ke dalam jajaran film terbaik yang diproduksi oleh Pixar Animation Studio.

***

B. Kung Fu Panda 2 (2011)



Wah, mana nih pecinta ksatria gempal dan berbulu hitam putih ini?! Ane sudah jatuh cinta dengan Kung Fu Panda sejak pertama rilis. Sehingga ketika DreamWorks Animation mengabarkan kalau Kung Fu Panda 2 akan rilis, tentu ane menunggunya dengan gembira.

Film ini dibuka dengan aksi Shen si merak putih, yang berambisi menguasai seluruh Tiongkok setelah menciptakan senjata pamungkasnya. Namun, ia tiba-tiba murka setelah kambing peramal mengatakan, bahwa Shen akan dikalahkan oleh ksatria hitam putih. Oleh karena itu, Shen pun membantai habis seluruh penduduk di desa panda, yang membuat Shen diusir orangtuanya karena perbuatannya itu.

Sementara itu, di lain tempat, Po menikmati hidupnya sebagai pendekar penumpas kejahatan. Ia sudah menyadari kemampuan kung-fu-nya, dan terus berlatih dengan gurunya. Suatu hari, ketika Po menunggu gerombolan bandit, ia tidak sengaja melihat simbol yang membangkitkan ingatan masa lalunya. Hal itu pun membuat Po bertanya-tanya tentang jati dirinya dan siapa ayah kandungnya. Setelah Mr. Ping bercerita tentang masa lalu Po, ia pun memulai perjalanan pencarian jati dirinya itu--di mana ia akan bertemu Shen. Maka dimulailah pertarungan antara Po yang konyol dengan Shen yang congkak.

Kung Fu Panda 2 meraih cukup banyak prestasi. Film ini memenangkan dua nominasi di Annie Awards dengan kategori: Directing in a Feature Production dan Production Design in a Feature Production. Serta menyabet dua penghargaan lain di ASCAP Awards dengan kategori: Top Box Office Films dan Best Vocal Ensamble in a Feature Film, dan masuk dalam berbagai nominasi di beberapa ajang penghargaan bergengsi.

***

C. Brave (2012)



Princess Merida yang diciptakan oleh Pixar dan Disney ini, menambah daftar kamus princess favorit ane. Seperti biasa, Disney dan Pixar seakan punya kekuatan sihir dalam setiap filmnya, mungkin hal itu yang membuat ane selalu terpikat dengan film-film mereka.

Brave bercerita tentang Merida, pemanah ulung putri dari Raja Fergus dan Ratu Elinor, pemimpin Klan Dunbroch. Merida ingin membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pejuang sejati. Akan tetapi keinginan itu selalu ditentang oleh Ratu Elinor yang menginginkan Merida menjadi putri kerajaan yang anggun dan lemah lembut, bukan putri barbar yang ke mana-mana selalu berkuda dan membawa busur panah. Sayangnya perlakuan sang ibu membuat Merida terkekang, terlebih ketika sang ibu memaksanya untuk mengikuti perjodohan dengan putra tiga klan besar lainnya--yang menjadi tradisi selama bertahan-tahun. Tentu saja Merida menolak. Ia mengacaukan acara perjodohan itu, lalu berlari ke hutan setelah bertengkar dengan ibunya dan tak sengaja merobek kain berlukis hasil rajutan sang ratu. Pelanggaran tradisi itu menimbulkan kekacauan besar. Kutukan menerpa kerajaannya dan merubah wujud ibu beserta tiga adik kembarnya menjadi beruang. Merida menyesali perbuatannya. Ia pun menjadikan kesempatan itu untuk membuktikan bahwa dirinya adalah pejuang sejati dengan berjuang--membebaskan kerajaan dan keluarganya dari kutukan serta mengatasi seluruh kekacauan yang ditimbulkan.

Brave mendapat nilai 7,1/10 di situs IMDb dengan 382.841 suara. Film ini juga memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Seperti: Kategori Best Animated Feature di Academy Awards. Best Animated Female dan Best Animated Feature di ajang Aliance of Woman Film Journalist. Best Edited Animated Feature Film di ajang American Cinema Editors. Kategori Production Design in an Animated Featured Production dan Editional in an Animated Feature Production di Annie Awards. Best Animated Film di BAFTA Awards. Outstanding Achievement in Sound Mixing for Motion Pictures Animated di ajang Cinema Audio Society. Best Animated Feature Film di Golden Globe Awards. Empat penghargaan dari Visual Effects Society. Terakhir Best Animated Females di ajang Woman Film Critics Circle.

***

D. Frozen (2013)



"Go away Ana!"

Dialog yang itu selalu terngiang-ngiang di telinga ane. Terus salah satu soundtrack-nya yang berjudul "Let It Go", masih bertahan di playlist pribadi ane di Spotify.

Frozen berkisah tentang dua putri kerajaan Arendelle, Elsa dan Anna. Di mana Elsa memiliki kekuatan sihir: mampu mengeluarkan es dan salju serta membekukan sesuatu dengan kedua tangannya. Ketika Elsa dan Anna kecil bermain salju, Elsa tidak sengaja menyerang Anna dengan sihirnya. Lalu kemudian, atas peringatan dari Trolls Tua di hutan, raja memutuskan untuk mengisolasi Elsa di istana, menyuruhnya memakai sarung tangan, dan tidak ada yang bisa menemuinya termasuk Anna.

Ketika kedua putri itu beranjak dewasa, orang tua mereka tiba-tiba menghilang ketika berlayar. Oleh karena itu, Elsa dinobatkan sebagai ratu. Kekacauan terjadi ketika Elsa dan Anna berdebat karena suatu hal. Elsa yang emosi tidak sengaja mengeluarkan sihirnya sehingga membuat orang-orang takut. Elsa panik lantas melarikan diri ke Gunung Utara. Tanpa sadar, ia sudah membekukan seluruh Arendelle dengan es abadi. Anna yang khawatir dengan Elsa berusaha untuk mencarinya. Maka dimulailah perjalanan Anna yang akan membawanya berjumpa dengan Kristof, Wven, dan Olaf, lalu mencari Elsa bersama-sama.

Frozen mendapat nilai 7,4/10 di IMDb dengan 584.781 suara. Film ini menjadi film pertama Walt Disney Animation Studio, yang memenangkan kategori Best Animated Feature di Golden Globe Awards ke-71. Frozen juga membawa dua Oscar untuk kategori Best Animated Feature dan Best Original Song--"Let It Go". Mendapatkan Best Animated Film di BAFTA Awards, lima penghargaan di Annie Awards yang salah satunya Best Animated Feature, dan satu penghargaan di Grammy Awards 57th untuk kategori Compilation Soundtrack for Visual Media.

***

E. Stand By Me Doraemon (2014)



Siapa sih yang tidak kenal dengan Doraemon dan Nobita? Dua tokoh itu sudah sejak lama menemani masa kecil kita. Pada 2014 silam, Takashi Yamazuki dan Ryuichi Yagi mengolah serial manga Doraemon menjadi sebuah film animasi yang menarik. Film ini pun booming dan bertahan selama lima minggu berturut-turut di tangga Box Office Jepang. Film ini juga masuk ke dalam film terlaris kedua di Jepang saat itu.

Diceritakan bahwa di masa depan Nobita mengalami kebangkrutan dan meninggalkan banyak hutang untuk anak cucunya. Lalu, Sawashi, cicit Nobita yang jenius, ingin merubah nasib kakeknya itu dengan mengutus robot kucing bernama Doraemon ke masa lalu, untuk membantu Nobita kecil yang pemalas dan bodoh. Dari sanalah persahabatan Nobita dan Doraemon dimulai. Suatu hari, Doraemon berniat untuk kembali ke masa depan, karena waktunya untuk membantu Nobita sudah cukup. Akan tetapi, sesuatu terjadi, membuat Doraemon dilema antara harus meninggalkan Nobita atau tetap bersamanya.

Film animasi yang agak emosional ini, meraih nilai 7,4 di IMDb dengan 6.557 suara. Selain itu, Stand By Me Doraemon juga memenangkan banyak penghargaan di Jepang, seperti: Lumiere Japan Awards Grand Prix untuk kategori Grand Prix Award. 27th Nikkan Sports Awards untuk kategori Direction Award. 3D Film Awards untuk kategori Jury Award for Foreign Animation. Jalan Academy Prize untuk kategori Animation of the Year. Tokyo Anime Award untuk kategori Anime of the Year Film Category. Yabari International Fantastic Film Festival untuk kategori VFX Japan Award.

***

F. Inside Out (2015)



Film Pixar x Disney ini bercerita tentang Riley, seorang gadis 11 tahun, bersama lima karakter emosi di pikirannya: Joy (Kebahagiaan), Sadness (Kesedihan), Anger (Amarah), Fear (Takut), dan Disgust (Jijik). Setiap emosi itu diatur dengan konsol kontrol dan menciptakan bola ingatan berbentuk kristal. Kristal ingatan itu bersinar dan kemudian disimpan di suatu tempat bernama Headquarters.

Kehidupan Riley yang bahagia berubah setelah ia dan keluarganya pindah ke San Francisco. Lingkungan baru yang ia impikan tidak sesuai harapan. Situasi pun semakin kacau ketika Sadness tidak sengaja menyentuh kristal ingatan dan mengubahnya menjadi kenangan yang menyedihkan. Joy yang melihat itu berusaha untuk mengatasi situasi. Namun, ia malah membuat semuanya semakin kacau, dan menyebabkan kristal ingatan berjatuhan ke Dumb Memory, sebuah jurang yang akan menghapus tiap ingatan yang jatuh ke sana. Joy dan Sadness pun melakukan perjalanan, mencari cara untuk mengatasi kekacauan itu. Mereka pun mempercayakan emosi Riley kepada Anger, Disgust, dan Fear. Lantas, bagaimana keadaan Riley setelahnya?

Inside Out meraih nilai 8,1/10 di IMDb dengan 638.771 suara. Film ini memenangkan Best Animated Feature Film di 73th Golden Globe Awards. Best Animation Awards di Critics Choice Movie Awards. Best Animated Film di 69th British Academy Film Awards. Memenangkan 10 kategori dari 14 nominasi yang diikuti di Annie Awards. Terdaftar sebagai satu dari 10 film terbaik menurut National Brand of Review dan American Film Institute.

***

G. Zootopia (2016)



Animasi besutan Walt Disney Animation Studio ini bercerita tentang sebuah kota di mana hewan-hewan hidup damai. Di sana tinggallah Judy Hopps, seekor kelinci betina yang berkeinginan menjadi seorang polisi di kota Zootopia. Kepolisian Zootopia didominasi oleh hewan-hewan predator. Hal itu meningkatkan ambisi Judy yang ingin menjadi polisi nonpredator pertama di Zootopia. Akhirnya mimpi Judy terwujud. Ia berhasil bekerja di kepolisian. Namun, ia malah mengalami diskriminasi, di mana Chief Bogo, si kepala kepolisian selalu meremehkan dirinya. Suatu ketika Judy mendapat misi untuk menemukan hewan predator yang hilang selama dua hari. Sementara itu, hewan predator yang mendapat misi yang sama malah diberi tenggang waktu yang lebih panjang. Bisakah Judy menyelesaikan misinya dengan tepat waktu?

Film ini seru banget menurut ane. Jadi tidak heran kalau American Film Institute, menobatkan Zootopia sebagai satu dari sepuluh film terbaik di tahun 2016. Zootopia juga memenangkan nominasi untuk kategori Best Animated Feature Film di empat penghargaan berbeda, yaitu di: Academy Awards, Golden Globe Awards, Critics Choice Movie Awards, dan Annie Awards.

***

H. Coco (2017)



Film produksi Walt Disney Animation Studio ini menceritakan tentang seorang bocah 12 tahun bernama Miguel, yang bermimpi menjadi musisi berprestasi seperti idolanya, Ernesto de la Cruz. Sayangnya, mimpi itu ditantang keras oleh keluarganya sendiri. Hal itu membuat Miguel sangat putus asa. Hingga suatu ketika, Miguel terbangun di alam bala yang penuh warna setelah beberapa peristiwa membingungkan yang ia alami. Di sana ia bertemu dengan Hector, dan melakukan perjalanan bersama-sama, untuk mengumpulkan kisah sebenarnya dari keluarga Miguel.

Coco mendapat nilai 8,4/10 di IMDb dengan 416.516 suara. Film ini juga memenangkan Best Animated Feature Film di Golden Globe Awards ke 75, 13 penghargaan di Annie Awards, 2 piala Oscar untuk Best Animated Feature dan Best Original Song, serta masuk dalam jajaran film 2017 terbaik menurut National Board of Review.

***

I. Mirai (2018)



Anime ini ditulis dan disutradarai oleh Mamoru Hasoda dan diproduksi oleh Studio Chizu. Ane tidak terlalu menikmati film atau serial anime. Namun, sekalinya nonton anime, ane dapat yang bagus, ya seperti Mirai ini.

Ceritanya tentang anak laki-laki bernama Kun. Ia tinggal di Kanazawa-ku, Yokohama, di sebuah rumah yang dikelilingi pepohonan. Ia menghabiskan harinya dengan bermain dengan Yakko, anjing kesayangannya dan set kereta mainan favoritnya. Hingga kemudian, di usianya yang keempat tahun, adiknya yang bernama Mirai lahir. Awalnya Kun senang, tapi lama-lama ia malah cemburu dengan adiknya, karena perhatian ayah dan ibunya lebih terpusat kepada Mirai.

Suatu hari Kun merajuk dan mengamuk pada ayah dan ibunya. Lalu ia pergi ke kebun di belakang rumahnya. Di kebun itulah Kun mengalami banyak kejadian misterius. Ia seakan terlempar ke masa depan dan masa lalu secara tiba-tiba. Mulai dari bertemu dengan "Pangeran" yang ternyata adalah Yakko yang menjelma menjadi manusia, bertemu gadis berseragam SMA yang mengaku sebagai Mirai dari masa depan, bertemu dengan ayah dan ibunya ketika masih kecil, bahkan bertemu dengan dirinya dari masa depan. Sebenarnya apa yang terjadi dengan Kun? Apa kaitannya dengan Mirai?

Mirai mendapat nilai 7,0/10 di IMDb dengan 13.498 suara. Film ini memenangkan Best Animated Feature Independent di Annie Awards, Best Animated Film di Florida Film Critics Circle Awards, Animation of the Year di Japan Academy Prize, dan Best Animated Feature Film di Stuttgart Animated Film Festival. Bahkan Mirai juga ikut memperebutkan piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature.

***

J. Nezha (2019)



Pertama nonton, ane tidak terlalu berekspektasi tinggi pada film ini. Namun setelah ditonton, hasilnya melebihi ekspektasi ane. Mulai dari ceritanya yang seru dan kualitas animasi Tiongkoknya yang memanjakan mata. Tidak lupa dengan bumbu joke cerdas khas Tiongkok yang berhasil memecah tawa.

Kisahnya bermula dari Yuansi Tianzum yang mengekstrak Mutiara Yuan menjadi dua pil; Pil Roh dan Pil Iblis. Keduanya seperti Yin dan Yang dengan kekuatan bertolak belakang yang sama dahsyatnya. Pil Roh yang akan bereinkarnasi menjadi manusia titisan dewa--untuk membantu Kaisar Zhou dalam membangun dinasti baru. Sehingga dipilihlah pasangan Li Jing dan Lady Lin yang akan melahirkan anak titisan dewa tersebut. Sementara Pil Iblis akan melahirkan titisan iblis yang akan menghancurkan bumi, sehingga pil itu disegel dan akan hancur disambar petir yang sangat keras bila waktunya sudah tiba.

Namun, Shen, salah seorang murid Yuansi memiliki rencana lain. Ia sengaja menukar dua pil tersebut. Sehingga Lady Yin melahirkan Nezha yang menjadi titisan iblis. Sementara itu, Pil Roh bereinkarnasi menjadi Ao Jing yang diasuh oleh Iblis Naga yang jahat. Yin dan Yang pun tertukar, sehingga menimbulkan kekacauan besar di kemudian hari.

***

K. Soul (2020)



Berikutnya adalah film Disney yang menyabet piala Oscar ke-93 untuk kategori Best Animated Feature. Soul, sebuah film tentang pencarian jati diri.

Diceritakan Joe Gardmer seorang guru musik di sekolah menengah yang menjalani hidup dengan sangat monoton. Ia sebenarnya bercita-cita menjadi musisi Jazz terkenal, tapi tidak pernah tercapai, dan malah berakhir menjadi seorang guru. Suatu hari, Joe mendapat kesempatan untuk tampil di sebuah club jazz terkenal. Joe pun menyanggupinya dengan senang hati, karena ini adalah mimpinya setelah gagal audisi berkali-kali. Sepulang dari club itu, Joe malah mengalami kecelakaan yang membuatnya koma. Bangun-bangun, Joe sudah berada di dimensi fantasi sebagai sesosok jiwa berwarna biru.

Tempat itu bernama The Great Beyond, tempat dimana jiwa-jiwa dilatih sebelum mereka dilahirkan ke bumi sebagai seorang bayi. Joe menghindari pelatihan itu. Ia berusaha mencari cara untuk kembali ke tubuhnya. Di sanalah Joe bertemu dengan sosok jiwa bayi bernama Dua Puluh Dua. Jiwa bayi itu tidak ingin dilahirkan ke bumi karena pandangannya yang redup tentang kehidupan dunia. Joe pun sadar, kalau ia bisa kembali ke tubuhnya dengan bantuan Dua Puluh Dua. Lalu dimulailah perjalanan untuk mencari jawaban dari pertanyaan penting tentang hidup. Apakah jiwa Joe bisa kembali ke tubuhnya? Apakah Dua Puluh Dua akan terlahir ke dunia sebagai bayi?

***

L. Raya and the Last Dragon (2021)



Terakhir ada film Walt Disney Animation Studio yang berlatarbelakang di Asia Tenggara, yaitu "Raya and the last Dragon". Walaupun memiliki kualitas animasi, alur cerita, dan pesan moral yang bagus. Film ini mendapat sedikit kritik, karena representasi budaya Asia Tenggara-nya kurang menampar. Namun, ini tidak mengurangi kadar kebagusan petualangan Raya secara umum.

Diceritakan bahwa di Kumandra, manusia dan naga hidup dengan damai dan makmur. Lalu monster jahan bernama Druun menyerang negeri itu dan merubah penduduknya menjadi batu. Demi menyelamatkan penduduk yang tersisa, para naga mengorbankan diri mereka, menyisakan satu naga terakhir yang bersembunyi di hulu sebuah sungai. 500 tahun kemudian, sebuah pertikaian besar telah mengakibatkan Druun kembali bangkit. Raya, seorang penjaga kristal naga, berusaha mencari sang naga terakhir untuk menyelamatkan negerinya dari serangan Druun.

***

Nah, bagaimana menurut kalian Gansis? Apa list film animasi terbaik versi kalian? Please komen di bawah ya!

SEKIAN

A thread by: serbaserbi.com
Gambar: Google, pinterest
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6


Thanks For Reading



Diubah oleh serbaserbi.com 19-07-2021 01:14
dxstarz
Lhionk
eno.niken
eno.niken dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan