Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Seorang Pekerja Proyek Dikeluarkan karena Tak Pakai Masker, Aturan atau Kemanusiaan?
Dilema harus mengutamakan aturan atau kemanusiaan, seorang pekerja proyek harus kehilangan pekerjaan karena tidak memakai masker saat bekerja.


Manusia terlahir dengan dibekali akal, pikiran, dan perasaan oleh Tuhan. Itu semua agar manusia dapat berpikir dan melakukan kebaikan, selalu mengutamakan kemanusiaan dibandingkan segala macam keinginan dengan alasan yang dilandasi mencari keuntungan.

Namun sering kali rasa kemanusiaan dibenturkan dengan aturan-aturan, dimana aturan sendiri sebenarnya juga penting bagi kehidupan manusia sebab berkaitan dengan ketertiban.

Contoh hal di masa pandemi ini, semakin banyak aturan-aturan dan himbauan yang diberlakukan oleh pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari ganasnya virus yang mengancam keselamatan banyak orang. Tapi di tengah aturan dan kebijakan yang dibuat dan diberlakukan juga terdapat dilema yang berkaitan dengan kemanusiaan GanSis.

Di masa PPKM Darurat ini misalnya, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sedikit banyak juga berpengaruh dengan pendapat hidup dan juga kehidupan masyarakat kita GanSis.
Banyak usaha-usaha yang terpaksa harus tutup atau berlaku sesuai jam operasional sedangkan dengan pembatasan ini pelaku usaha tidak dapat untung sama sekali karena jarang ada orang yang beraktifitas di luar rumah.

Inilah salah satu dilema dampak adanya aturan dan kebijakan yang sebenarnya juga demi keselamatan banyak orang GanSis.


sumber gambar

Di media sosial juga tengah heboh kejadian yang membuat warganet merasa dilema GanSis, yaitu tentang seorang pekerja proyek yang harus mengalami nasib buruk dikeluarkan dari pekerjaannya karena tertangkap basah tidak menggunakan masker saat bekerja.

Keputusan ini diberikan sebagai sanksi karena melanggar aturan tidak menggunakan masker saat bekerja, meskipun kita tahu sendiri menggunakan masker saat melakukan kerja berat itu bukanlah hal yang mudah.

Beredarnya video ini membuat orang bertanya-tanya, mana yang harus didahulukan aturan atau kemanusiaan, sebab keduanya penting untuk diperhatikan melihat kondisi saat ini memang semua orang harus taat terhadap aturan dan segala macam bentuk kebijakan demi keselamatan banyak orang.

Mungkin Agan dan Sista ada yang penasaran dengan kronologis kejadian pekerja proyek yang dikeluarkan dari pekerjaannya karena melanggar aturan?
Di bawah ini videonya!


Spoiler for Pekerja Proyek Dipecat karena Langgar Aturan:


Melihat kejadian tersebut rasa kasihan itu sudah pasti kita rasakan, karena ane sendiri yakin pekerja proyek yang dipecat karena tidak menggunakan masker saat bekerja itu sangat membutuhkan pekerjaannya untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Namun jika melihat alasan dia dikeluarkan tentu juga bukan kesalahan dari pihak sekuriti ya GanSis, sebab sekuriti juga hanya bertugas menertibkan aturan yang telah diberlakukan.

Seperti yang telah ane jelaskan sebelumnya memang sering kali aturan akan dibenturkan dengan rasa kemanusiaan.
Meskipun aturan dibuat untuk kebaikan banyak orang namun akan ada pihak-pihak yang sekiranya akan "ditumbalkan"dengan adanya aturan tersebut.

Kejadian ini hampir sama dengan kejadian seorang tukang bubur dan tukang baso yang beberapa hari lalu viral, dimana mereka harus membayar denda karena memaksa berjualan di tengah PPKM Darurat sedangkan jika mereka tidak berjualan maka mereka tidak dapat makan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.




Dilema terbenturnya aturan dan kemanusiaan ini seharusnya menjadi perhatian lebih bagi kita semua GanSis, bagaimana caranya agar aturan tidak berbenturan dengan kemanusiaan dan apa jalan terbaik yang dapat diambil agar tidak ada yang dirugikan.

Mungkin kebijakan-kebijakan baru yang benar-benar bijak menjadi penengah antara aturan dan kemanusiaan bisa dicetuskan dan diberlakukan untuk membantu masyarakat yang sedang ada di posisi antara aturan yang mengikat dengan keadaan.

Oke, mudah-mudahan kejadian ini dapat dijadikan pembelajaran agar kedepannya aturan dan kemanusiaan dapat berjalan beriringan.

Terima kasih untuk Agan dan Sista yang telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain.



Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar & referensi
1, 2, 3
anton2019827
TissueM4gic
hunter.syahid
hunter.syahid dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.6K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan