woowaagenAvatar border
TS
woowaagen
Tanda Kamu Sedang Mengalami Stres dan Cara Mengatasinya
Pernah nggak sih kamu merasa lebih sensitif dari biasanya ?, suka tiba – tiba marah karena hal kecil, malas melakukan apa – apa, demotivated,  padahal bisa jadi sebelumnya kamu sangat suka melakukan hal itu, tapi entah kenapa akhir – akhir ini kamu demotivated aja gitu. Kemungkinan besar orang – orang akan jawab pernah mengalami gejala – gejala yang tadi ditanyakan, atau mungin kamu sedang mengalami gejala itu sekarang, gejala yang baru saja ditanyakan, itu adalah  gejala kamu sedang mengalami stres, yang sebenarnya memang wajar banget terjadi dikehidupan semua orang, normal banget untuk merasa lelah secara emosional ketika ada perasaan tertekan karena beban atau masalah yang berat. Tapi ada juga nih gelaja – gejala stress yang serius banget. Kalau kamu merasakan gejala – gejala tersebut dalam waktu lama, emosi kamu tidak  stabil, lelah berkepanjangan, hingga tidak termotivasi untuk melakukan semua hal, bahkan untuk makan. Maka ada kemungkinan bahwa kamu sedang mengalami stres atau emotional burnout, disinilah kesehatan mental kamu beresiko sangat tinggi untuk terganggu.

Emotional Burnout
Kita akan membahas tentang tanda – tanda kamu sedang mengalami stres atau emotional burnout dan cara mengatasinya

Pertama – tama, emang  apa yang dimaksud dengan emotional burnout

Apa itu Emotional Burnout

Emotional burnout adalah keadaan mental yanng negatif dengan berbagai macam gejala, mulai dari gejala fisik, emosional, dan perilaku. Emotional burnout ini bisa membuat kita tidak berfungsi dengan normal, dan membuat kita merasakan stress yang  parah. Emotional Burnout ini bisa terjadi karena akumulasi stress, maksudnya adalah misalkan kamu tiap hari pasti merasa stress nih dari berbagai masalah. Stres itu memang wajar, ada masalah keluarga mungkin, karir, kampus dan lain sebagainya. Ketika stress ini menumpuk terus menerus, inilah yang menyebabkan kita jadi merasakan emotional burnout.



Tanda – Tanda Emotional Burnout
Merasa lelah secara fisik yang parah
Mau kamu tidur, makan, liburan,  apapun yang kamu lakukan selalu berasa tidak cukup untuk menghilangkan rasa lelah. Ketika kamu meluangkan waktu untuk istirahat pun, jika kamu berada di dalam fase emotional burnout kamu akan tetap merasa bahwa kamu itu kelelahan, biasanya hal ini menyebabkan  pola makan dan tidur  kamu berubah. Misal, tiba – tiba jadi tidak memiliki selera makan, tidak bisa tidur nyenyak, sampai bahkan jika sudah parah nih kita mungkin jadi malas untuk melakukan  hal – hal besic seperti mandi, makan dan menggunakan pakaian yang rapi.



baca selanjutnya
0
388
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan