Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Yang Main Chess.com Berapa ELO-nya? Yuk Cari Tahu Elo Rating Kita Masuk Level Mana.

Gbr diambil dr Masterclass.com


Dari pantauan TS ada banyak kaskuser (mungkin di luar kaskus juga banyak) yang kemarin-kemarin ini tiba-tiba demam catur (termasuk TS).

Mungkin demamnya sudah mulai mereda nih ya, tapi kayaknya masih ada satu-dua orang yang belum lepas dari main catur online, terutamanya main catur online di chess.com.

Buat TS pribadi, salah satu yang membuat TS susah berhenti main catur online ini adalah Elo rating yang naik turun seiring kita sering bermain.

Naik waktu kita menang dan turun kalau kita kalah.

Secara garis besar, TS yakin sudah pada tahu apa itu Elo Rating, tapi di trit ini TS ingin membahas sedikit lebih dalam tentang Elo Rating dan yang terutama membahas kira-kira skill kita bermain catur itu ada di level mana sih?

Jadi Elo Rating adalah sistem penilaian yang diterima secara luas dan resmi di dunia percaturan di seluruh dunia.

Yang menciptakan perhitungan Elo Rating ini adalah Arpad Elo (1903-1992) seorang Profesor Fisika sekaligus Master Catur dari Amerika, untuk menggantikan sistem penilaian saat itu, yang dirasa kurang mewakili kemampuan seorang pecatur yang sesungguhnya.

Singkat cerita dengan perhitungan yang diajukan Prof. Elo ini, kita bisa menilai, kira-kira skill kita dalam bermain catur itu sudah sampai di level mana.

Tentunya Elo Rating yang didapatkan dari satu-dua kali pertandingan saja tidak cukup akurat untuk mewakili skill seseorang.

Lalu seperti apa sih level-level pemain catur berdasarkan Elo Ratingnya? Terutama untuk Elo Rating < 2000 yang tentunya lebih mengena infonya untuk kita yang baru demam catur. Kalau Elo Rating 2000an terlalu jauhlah buat kita.

TS mencoba mencari-cari panduan dari Percasi, tapi belum ketemu. Jadi mohon dimaafkan kalau akhirnya TS mengambil pembagian kelas milik USCF (Federasi Catur Amerika Serikat).
emoticon-Nyepi
Tujuannya kan juga cuma untuk hobi saja. Kalau misalnya ada yang masih muda dan serius ingin menekuni dunia catur, moga-moga bisa jadi sedikit gambaran.

Jadi kalau berdasar USCF, maka kelas-kelas pecatur berdasarkan Elo Ratingnya dibagi menjadi level-level sebagai berikut :

Quote:


Dengan Elo Rating 1200 masih dikategorikan pemula dan bisa dikategorikan pemain turnamen, kalau memiliki Elo Rating 1750an (kelas B).

Jadi bagaimana gansist? Gansist yang baru-baru main di chess.com, sekarang Elo Ratingnya sudah masuk kelas berapa?
emoticon-Betty
Berapapun Elo Ratingnya sekarang, ayo gansist, sama-sama kita naikin. Jangan buru-buru menyerah.

Buat gansist yang Elo Ratingnya sudah tinggi, kasih tips-lah buat kita-kita yang masih rendah Elo Ratingnya.

Sumber referensi
1. https://www.thechesspiece.com/what_i...elo_rating.asp
orgbekasi67
orgbekasi67 memberi reputasi
1
679
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan