Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

istijabahAvatar border
TS
istijabah
[COC Travellers] Aman dan Nyaman, Inilah 5 Wisata Pantai di Madura Bagian Utara!


sumber gambar: Lon Malang

Menjalani hidup dalam isolasi diri tentu sangat membosankan, apalagi bukan dalam waktu yang sebentar. Hampir setahun virus Covid-19 ini membelenggu ruang gerak kita, karena karantina dan isolasi diri dianggap cara yang efektif untuk tidak membuat penyebaran virus ini semakin luas.

Dampak dari Covid-19 ini pun tidak hanya ke sosial saja, tapi juga ke ekonomi dan ini yang paling terasa.


Pastinya sudah banyak di antara kita yang bertanya-tanya kapan semua ini berakhir? Kapan bisa keluar dengan bebas? Kapan bisa berwisata lagi?

Berbicara tentang wisata, saat ini beberapa tempat wisata di beberapa daerah sudah banyak dibuka kembali setelah beberapa waktu lalu ditutup total.

Namun, di saat pandemi seperti ini kita juga harus pintar memilih tempat wisata yang aman atau tidak rawan berdesakan. Karena salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah selain memakai masker adalah menghindari tempat-tempat ramai.

Jadi, saat pandemi seperti sekarang tempat yang paling aman untuk berwisata menurutku adalah pantai. Karena tempat ini sudah pasti luas dan terbuka, yang tentunya jauh dari kata berdesak-desakan.

Madura adalah tempatku tinggal saat ini, pulau Madura terkenal dengan produksi garamnya. Garam tentu tidak lepas dari yang namanya lautan bukan!

Madura termasuk salah satu tempat produksi garam terbesar di Indonesia, karena pulau Madura ini memang dikelilingi oleh lautan.

Kebetulan aku tinggal di Madura bagian Utara, jadi di thread ini aku akan mengulas beberapa pantai yang ada di Madura bagian Utara yang termasuk dekat dengan tempat tinggalku.


Oke, langsung saja, yuk!

1. Pantai Biru


sumber gambar: screenshot

Warna biru selalu berhubungan dengan langit atau laut ya ….

Diurutan pertama ada pantai Biru yang termasuk dekat dan mudah dijangkau dari tempatku.

Pantai biru ini berada di kecamatan Bangkalan, tepatnya ada di jln. Pelabuhan Telaga Biru, no. 38 Telaga biru, Tanjung Bumi, Bangkalan.

Tempat ini menyuguhkan air laut yang dibendung di pesisir pantai yang dibentuk seperti telaga. Di sekeliling telaga buatan itu dibangun tempat-tempat bernaung dengan background yang cantik untuk dibuat foto-foto.

Spoiler for Pantai Biru:


Selain itu tersedia juga sepeda air yang disewakan dan warung-warung tempat makan dan minum.

Untuk sampai ke tempat ini sebelumnya kita akan melewati perkampungan padat yang berkelok-kelok. Karena tempat ini memang sedikit ke dalam dan lumayan jauh dari jalan raya, tapi motor atau mobil bisa masuk. Jalannya pun sudah bagus.

Jika dari pusat kota Bangkalan untuk sampai ke tempat ini perjalanan yang akan ditempuh sekitar 43 kilometer. Tapi jika dari rumahku ya kurang lebih setengah jam, meskipun sudah bukan termasuk daerah kabupaten tempatku tinggal.

Pantai Biru ini sebenarnya tempat wisata baru dan masih dalam pengembangan. Tempat ini juga baru diresmikan pada bulan Juli tahun 2020, jadi fasilitasnya belum memadai.

2. Pantai Nepa


sumber gambar: dok.pri

Pantai Nepa ini terletak di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura.
Seperti yang telah kutulis sebelumnya, di tempat ini juga menyuguhkan segarnya hutan yang dihuni oleh sekelompok kera abu-abu.

Letaknya sedikit ke dalam dari jalan raya, tapi untuk jalannya sudah bagus. Pantai ini bisa dibilang masih perawan karena masih alami dan belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia.


sumber gambar: dok.pri

Fasilitas pantai ini belum ada kecuali toilet, tapi terdapat pepohonan rindang di sekeliling pantai. Pantai ini memang masih membutuhkan banyak sentuhan pemerintah. Namun, jika memang tujuannya adalah kealamian dari sebuah pantai, maka mungkin tidak perlu mengubah apapun.

Dengan kealamian yang disuguhkan di pantai Nepa ini para wisatawan bisa bermain pasir sampai puas. Bisa juga bersepeda atau bermain voli bersama keluarga.

Pantainya pun jika para wisatawan teliti maka akan merasakan jika lautnya itu seperti ada undakan. Jadi semakin dalamnya itu terasa seperti turun dari undakan gitu, hal itu sangat terasa saat air laut tenang.

3. Pantai Lon Malang


sumber gambar: di sini


Pada tahun 2015 pantai ini hanya diramaikan oleh anak-anak muda yang sedang balapan liar saja. Hingga pada tahun 2017 tempat ini diresmikan menjadi salah satu tempat wisata di Madura.

Pantai Lon Malang ini sangat sejuk, karena di sepanjang pantai ditumbuhi banyak pohon Cemara udang. Serta banyak dibangun tempat-tempat seperti kardu kecil untuk tempat beristirahat.


sumber gambar: di sini

Selain itu di pantai ini juga banyak dibangun tempat-tempat sport Selfi, permainan anak2 juga persewaan ATV, odong-odong dan persewaan kuda.

Fasilitas lainnya yang tersedia di tempat ini adalah musalla, warung-warung makan dan juga toilet.


sumber gambar: Lon Malang

Pantai Lon Malang ini terletak di jalan Raya Batu Lenger, Bira Tengah, Sokobanah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Tempat ini mudah sekali ditemukan karena berada di pinggir jalan raya dan jika ke sini datanglah saat pagi atau sore, agar panasnya tidak menyengat.

4. Air terjun Toroan


sumber gambar: di sini

Ingin menikmati keindahan lautan yang luas dan cantiknya air terjun ya di sini tempatnya.

Air terjun Toroan ini termasuk unik, karena jatuhnya air terjun ini langsung menuju laut. Tinggi air terjun ini sekitar 20 meter, deburan jatuhnya air yang jernih semakin indah berpadu dengan dinding tebing berwarna kuning keemasan.

Saat pasang air terjun ini sangat indah, tapi jika musim hujan seperti ini air agak keruh. Saat surut akan terlihat batu karang di bawah air terjun tersebut, tapi air terjun ini tidak pernah surut meskipun di musim kemarau.

Batuan karang yang ada di sekitar air terjun ini biasanya dibuat pijakan oleh para pengunjung yang ingin melihat air terjun dari jarak dekat. Namun, tetap ada batasan jarak dekat tersebut karena terdapat palung di dekat air terjun itu.

Karena dikhawatirkan terperosok maka pengunjung dilarang terlalu dekat dengan pusat air terjun, baik untuk hanya sekedar berfoto ataupun yang hendak berenang.


Lokasi wisata Air Terjun Toroan ini berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura. Jarak dari kota Sampang kurang lebih 50 kilometer.

5. Pantai Jodoh


sumber gambar: di sini

Hai, para jomblo datang ke sinilah siapa tahu beneran dapat jodoh. Hahaha becanda ya ….

Nama pantai ini terbilang cukup unik dan sedikit nyeleneh menurutku, karena di pantai ini tidak hanya nama pantainya saja yang unik, tapi juga nama saung-saung yang ada di cafe yang ada di sana juga terbilang nyeleneh. Saung-saung itu diberi nama kamar jomblo, kamar janda, pelaminan dengan dua kursi berpasangan, serta rumah istri muda.


sumber gambar:di sini

Lokasi pantai Jodoh ini berada di Desa Batu Lenger, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang atau sebelah timur tempat wisata Lon Malang.



sumber gambar: di sini



Tempat ini terbilang baru, tapi keren buat tempat nongkrong bareng teman. Tidak ada karcis masuk karena tempat ini sebenarnya adalah cafe, jadi jika ingin bermain ke pantainya ya gratis aja. Kita hanya perlu membayar uang parkir kendaraan saja.

Oke itulah beberapa pantai di Madura bagian Utara yang bisa para kaskuser kunjungi jika ketepatan melancong ke Madura.

Semoga informasi ini bermanfaat dan masuk dalam list wisata para kaskuser nanti setelah pandemi ini berakhir. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai di Madura bagian Utara, tapi sepertinya akan terlalu panjang kalau diulas bersamaan.

Terima kasih :terimakasih

Istijabah
Referensi: di sini, di sini, di sini, di sini, di sini dan pengalaman pribadi.

Diubah oleh istijabah 15-12-2020 14:44
iissuwandi
tien212700
ZainAkbar2021
ZainAkbar2021 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.8K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan