Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Pasien.Covid19Avatar border
TS
Pasien.Covid19
Satgas Covid-19 Minta Warga Kuat Bertahan: Badai Pasti Berlalu



Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan meningkatkan perilaku hidup bersih, sehat selama masa pandemi. Hal ini bertujuan agar penularan virus corona semakin turun dan terkendali.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah manapun di dunia saat ini tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir, sehingga masyarakat harus patuh protokol kesehatan 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"3M itu kunci, tetap bergembira, ini adalah bagian dari hidup yang harus kita lewati, nanti pasti akan berakhir, badai pasti berlalu, tapi tidak berarti besok badainya berlalu, maka kita harus tahan sampai virusnya kalah," kata Wiku dalam diskusi dari Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (4/11/2020).

Satgas mencatat terjadi tren penurunan kedisiplinan protokol kesehatan di masyarakat, hingga 27 November 2020 persentase kepatuhan untuk memakai masker ialah 58,32 persen.

Sedangkan untuk menjaga jarak persentasenya ialah 43,46 persen. Dari data tersebut, dapat disimpulkan, bahwa liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan disiplin protokol kesehatan.

Lalu, dari peta zonasi kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak, dari data 512 kabupaten/kota yang masuk, hanya kurang dari 9 persen kabupaten/kota yang patuh dalam memakai masker. Dan yang lebih memprihatinkan, kurang dari 4 persen kabupaten/kota yang patuh dalam menjaga jarak.

Hal ini diperparah oleh aktivitas warga yang melakukan perjalanan selama libur panjang, euforianya membuat masyarakat abai protokol kesehatan sehingga tingkat penularannya meningkat.

"Jadi masyarakat harus sadar belajarlah dari pengalaman, mari kita dongkrak perubahan perilaku," tegasnya.

Sebagai informasi, saat ini pandemi virus covid-19 di Indonesia sudah menjangkiti 563.680 orang positif, 466.178 sembuh dan 17.479 jiwa meninggal dunia.

https://www.suara.com/news/2020/12/0...-pasti-berlalu


Kalau yang ga kuat bertahan gimana??? MATI DONG emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


0
508
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan