Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gilbertagungAvatar border
TS
gilbertagung
Iklan-iklan Televisi Indonesia Terbaik 2020


Tak terasa, kita telah berada di kuartal terakhir tahun 2020. Melanjutkan tradisi yang telah berlangsung sejak 2017, saya akan merangkum kembali 7 iklan televisi terbaik sepanjang tahun 2020 versi Minami Creative Works. Apa sajakah mereka?


Klik gambar untuk menuju sumber gambar. Klik video untuk menonton.

A Mild - Bukan Main


Iklan yang tayang awal 2020 ini berkisah mengenai berbagai kebiasaan yang sebenarnya mengganggu/tak baik dilakukan namun seolah-olah wajar karena dilakukan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Ini pun menunjukkan bahwa kemajuan yang kita alami sebenarnya semu karena keadaan masih tetap sama dengan dulu.

Iklan ini disampaikan dalam bentuk lagu dengan slogan "Bukan Main" sebagai tanggapan atas kebiasaan tersebut. Iklan ini memiliki beberapa versi, salah satunya adalah pada video di atas. Diperlihatkan bahwa seseorang yang mendapat pesta kejutan dari kawan-kawannya hanya untuk kemudian mendapat tambahan utang.

Versi lainnya antara lain mengenai orang yang hanya bisa berkoar-koar mengenai keadaan bangsa lewat media sosial dan orang yang lebih asyik merekam konser ketimbang menikmatinya.

Sasa Tepung Bumbu - Apa Sih Yang Ga Bisa?


Iklan yang tayang pada April-Juni 2020 lalu ini memakai gaya anime khas Jepang.

Dalam iklan ini, ditampilkan seorang wanita yang membeli Tepung Bumbu Sasa di sebuah minimarket. Ia lalu berpapasan dengan lelaki yang bekerja sebagai kasir di minimarket tersebut. Sang lelaki yang tertarik berusaha mengejarnya, namun tanpa hasil.

Setelah merenung, sang wanita lalu mengundurkan diri dari pekerjaannya. Mereka akhirnya bertemu di sebuah lapangan, setelah itu sang wanita mulai menekuni dunia memasak yang merupakan impiannya. Bersama dengan lelaki tersebut, ia membuka sebuah restoran. Rasa masakannya yang lezat (karena menggunakan Sasa) membuat restoran tersebut dibicarakan banyak orang dan ramai dikunjungi.

Di akhir iklan, sang wanita dan lelaki tersebut berlari ke arah matahari terbenam, layaknya di sebuah film animasi Jepang.

Iklan resminya berdurasi 60 detik telah ditonton lebih dari 2.000.000 kali di YouTube.

Indomie - Piring Kosong


Iklan ini dibuat untuk menyambut bulan Ramadan 1441 H pada April-Mei 2020 lalu. Dalam iklan ini, ditampilkan seorang lelaki yang memasak air (sebenarnya memasak mi instan, namun mi instannya tidak ada karena sedang berpuasa). Lelaki itu pun mengajak agar penonton tetap menjalankan niat baik (berpuasa) walaupun perut sedang kosong, sambil menenteng piring kosong dan memegang garpu. Tak lupa ia pun mengingatkan agar penonton menjalankannya dari rumah. Ditampilkan pula sebungkus Indomie isi 5 dengan gambar piring kosong dengan tulisan SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA.

Selain versi puasa, ada pula versi buka puasa yang ditayangkan setelah buka puasa (kali ini, mi goreng instannya sudah ada) dan versi Lebaran.

Iklan resminya berdurasi 15 detik dan ditonton lebih dari 3.300.000 kali di YouTube.

Khong Guan - Sebuah Kenangan Manis


Iklan ini dibuat untuk menyambut Idul Fitri 1441 H sekaligus 50 Tahun Khong Guan pada Mei 2020 lalu. Dibuat dengan gaya anime Jepang, iklan ini dibuka dengan seorang kakek dan nenek di sebuah rumah. Sambil menikmati biskuit Khong Guan, sang kakek mengingat masa lalunya, yang juga ditemani oleh biskuit Khong Guan.

Ia mengingat bahwa setelah puluhan tahun berlalu pun, rasa itu (biskuit Khong Guan) tetap sama. Sang kakek (ketika masih muda) mengambil foto bersama ayahnya.

Setelah foto diambil, adegan pun kembali ke masa sekarang dengan menunjukkan kolase foto keluarga tersebut di dinding. Sang kakek kemudian melakukan panggilan video dengan anak, menantu, dan cucunya, yang juga ditemani sekaleng biskuit Khong Guan. Ini merupakan gambaran dari dampak pandemi COVID-19 yang membuat orang tidak bisa pulang kampung dan terpaksa bertemu hanya secara virtual. Ditampilkan pula bahwa walaupun cara bertemunya berbeda, Khong Guan tetap hadir di momen Lebaran.

Video resminya yang berdurasi 81 detik telah ditonton lebih dari 1.100.000 kali di YouTube.

Gudang Garam - Kemerdekaan "Apresiasi Bangsa"


Iklan ini ditayangkan untuk menyambut perayaan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia pada Agustus 2020, yang sayangnya harus dirayakan dalam suasana berduka karena pandemi COVID-19 yang masih menggejala di republik. Iklan ini pun menampilkan nuansa masa pandemi tersebut.

Dibuka dengan aktivitas tambak oleh nelayan, iklan yang bernuansa gelap ini menampilkan berbagai hal yang menjadi lazim selama pandemi seperti bersepeda, penyemprotan desinfektan, dan membawa pasien ke rumah sakit. Tak lupa ditampilkan berbagai aktivitas ekonomi masyarakat seperti perkebunan tembakau. Setelahnya, iklan ini mulai menunjukkan nada optimisme yang ditunjukkan lewat visualisasi pemanjat tebing, atlet, penyelam, dan toko yang dibuka. Narasi yang mengajak orang untuk terus berjuang di tengah pandemi dan musik latar yang mendayu menambah suasana kelam namun megah.

Iklan berdurasi 120 detik ini telah ditonton 132.800 kali di kanal YouTube resmi Gudang Garam.

Tokopedia - Waktu Indonesia Belanja


Iklan ini untuk mempromosikan Waktu Indonesia Belanja, promo belanja daring besar-besaran dari Tokopedia, sekaligus merayakan 11 Tahun Tokopedia pada Agustus 2020 lalu. Dengan settingsebuah lapangan besar seolah-olah akan terjadi peperangan besar, para "prajurit" yang berpakaian seperti kotak paket Tokopedia (merepresentasikan produk-produk di Tokopedia) dikomandoi oleh seseorang yang mengatakan bahwa mereka akan memberikan banyak kejutan untuk berbagai hal seperti fesyen, adaptasi kebiasaan baru, mi instan, ataupun ponsel pintar untuk bermain game daring. Di sisi yang berlainan, sekumpulan orang (merepresentasikan para konsumen) pun juga bersiap.

Kedua kubu saling mendekat, diiringi lagu Waktu Indonesia Belanja. Mereka pun saling bertemu dan berpelukan, dan orang-orang mulai memperoleh apa yang mereka inginkan (merepresentasikan orang-orang yang berhasil memperoleh barang yang mereka inginkan di Tokopedia). Iklan diakhiri dengan dua pimpinan kotak-kotak tadi berjalan beriringan. Karena melibatkan banyak orang, Tokopedia sudah memberikan keterangan bahwa proses syuting iklan dilakukan sebelum PSBB.

Iklan ini berdurasi 120 detik telah ditonton 21.600.000 kali di YouTube.

Pocari Sweat - Bintang SMA 2020


Iklan ini tayang sejak Oktober 2020 ini mempromosikan ajang Bintang SMA 2020, ajang pencarian bakat khusus anak SMA dari Pocari Sweat.

Iklan ini menampilkan sekelompok anak SMA yang mengejar mimpinya. Ditampilkan remaja yang menggeluti dunia musik, bermain basket, bermain sepak bola, dan bermain papan seluncur. Di akhir iklan, ditampilkan 5 anak SMA yang berlari-larian di bibir pantai dan dihujani ombak laut. Slogan iklan ini adalah SWEAT FOR DREAM.

Iklan resminya yang berdurasi 60 detik telah ditonton lebih dari 1.200.000 kali di YouTube.


Demikian threaddari saya kali ini. Bisa kita lihat bahwa pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada kehidupan masyarakat, tak terkecuali pada konten periklanan Indonesia. Mari kita berdoa agar cobaan ini segera berlalu. Dan tak lupa saya juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-21 kepada Kaskus. Semoga dengan usia yang semakin dewasa, forum ini dapat semakin menyempurnakan diri dan terus menginsiprasi kita semua. Seperti tahun sebelumnya, saya juga membuka polling mengenai iklan terbaik versi Anda. Polling akan ditutup pada 31 Desember 2020. Mengingat pula bahwa masih terdapat 56 hari sebelum tahun 2020 berakhir, Anda dapat menambahkan iklan lain yang menurut Anda juga layak masuk daftar terbaik, dengan syarat iklan tersebut mulai ditayangkan pada atau setelah 1 Januari 2020.




Polling
Poll ini sudah ditutup. - 6 suara
Apa Iklan Indonesia Terbaik 2020 Menurut Anda?
A Mild - Bukan Main
33%
Sasa Tepung Bumbu - Apa Sih Yang Ga Bisa?
33%
Indomie - Piring Kosong
17%
Khong Guan - Sebuah Kenangan Manis
17%
Gudang Garam - Kemerdekaan "Apresiasi Bangsa"
0%
Tokopedia - Waktu Indonesia Belanja
0%
Pocari Sweat - Bintang SMA 2020
0%
Papa.T.Bob
jagogkritikal
comrade.frias
comrade.frias dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan