Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

therminustAvatar border
TS
therminust
Giliran China Perintahkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu


Jakarta - 
China memerintahkan penutupan konsulat Amerika Serikat di kota Chengdu, seiring pertikaian diplomatik antara kedua negara semakin memanas.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan langkah ini adalah tanggapan yang sah dan perlu atas keputusan Amerika menutup konsulat China di Houston, Texas awal pekan ini, atas tudingan memata-matai.
Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah AS.

Sebelumnya, Amerika Serikat telah mendakwa empat warga negara China atas tuduhan kecurangan visa dan berbohong mengenai afiliasi mereka dengan militer China.

Tiga orang sudah ditahan, sementara FBI berusaha menangkap orang keempat, yang disebut-sebut berlindung di konsulat China di San Francisco.

Agen-agen FBI juga telah mewawancarai sejumlah orang di 25 kota di Amerika Serikat (AS) yang memiliki "afiliasi yang belum diumumkan" dengan militer China.
Jaksa penuntut mengatakan hal ini merupakan bagian dari rencana China mengirim para ilmuwan militer ke AS.

Sejumlah anggota militer China - People's Liberation Army (PLA) - mengajukan visa penelitian dan menyembunyikan "afiliasinya" dengan militer, kata jaksa penuntut dari Departemen Kehakiman AS, John C Demers dalam siaran pers.


"Ini adalah bagian lain dari rencana Partai Komunis China untuk mengambil keuntungan dari keterbukaan masyarakat kita dan mengeksploitasi institusi akademik."

Penangkapan ini terjadi setelah AS mengumumkan seorang ilmuwan China sedang berlindung di konsulat China di San Francisco.

Sebelumnya, para pejabat AS telah memerintahkan penutupan kantor perwakilan China di Houston, dengan menyebut bahwa hal ini terkait dengan dugaan keterlibatannya dalam perkara pencurian kekayaan intelektual.

Sebelumnya, seorang ilmuwan asal China yang dicurigai melakukan kecurangan visa dan merahasiakan hubungannya dengan militer telah kabur ke konsulat China di San Francisco, kata pejabat Amerika Serikat.

Apa respons China atas tindakan AS?


Pada hari Kamis - sebelum penangkapan diumumkan - Juru bicara kementerian luar negeri China, Wang Wenbin, menggambarkan tuduhan AS sebagai "fitnah jahat" dan mengatakan Cina "harus membuat tanggapan yang diperlukan dan menjaga hak-haknya yang sah".

Presiden AS Donald Trump telah berulang kali bentrok dengan China dalam beberapa bulan terakhir, karena perdagangan, pandemi virus corona dan undang-undang keamanan Hong Kong yang baru.

Beberapa jam setelah tuduhan diumumkan, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengecam China yang disebutnya "tirani baru".

Berbicara di Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon di California, Pompeo menyerukan "pada setiap pemimpin dari setiap negara" untuk menentang China, menambahkan bahwa mengamankan kebebasan dari Partai Komunis China adalah "misi zaman kita".


https://news.detik.com/bbc-world/d-5..._from=wp_nhl_1


Lu Jual, Gue Bayar
soljin7
diamondchest
Zhuge Liang
Zhuge Liang dan 2 lainnya memberi reputasi
3
729
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan