Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
DIY Sampul dan Pembatas Buku dengan Perlengkapan yang Mudah Didapatkan

DIY Perawatan Buku 


Hai... hai… hai… Agan Sista!

Kondisi New Normal begini emang lumayan ngeri deh ya kalo mau keluar rumah. Selain itu, memang anjuran dari pemerintah dan organisasi kesehatan dunia WHO untuk tetap berada di rumah, kecuali kalua ada kondisi yang memang penting banget. Misalkan, untuk nyari sesuap nasi dan segenggam berlian atau untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Nah, salah satu yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah adalah membaca buku. Dari sekian buku yang dulu pernah dibeli dan belum dibuka segelnya, sekarang satu persatu udah mulai dilalap habis. Sebenernya sih, lebih kepada males ngerawatnya aja kalo udah dibuka plastik segelnya. Hihihihi.



Nah, berhubung sekarang udah dibuka, ane mau berbagai DIY beberapa perlengkapan merawat buku dengan bahan yang gampang dan sering ditemui di rumah.

Yah, minimal jangan sampe leceklah itu sampul bukunya. Kaya contoh buku saya di bawah ini. pinggirannya udah keriting. hiks.




Yuk, chek this out!

1. Menjaga Sisi-sisi Cover Buku


Biasanya, agar buku tidak cepat rusak, cover buku selalu disampul dengan plastik. Nah, berhubung belum beli plastik buku, kita pake dulu bahan yang ada supaya ujung cover buku ga keriting.


Bahan-bahan

Pertama
, siapkan dulu bahannya. Ga susah, ko. Iyups, Cuma butuh solatip atau solasi bening atau lakban bening (tapi pake yang ukuran kecil aja ya, supaya ciamik) bahan ini bisa Agan Sista dapatkan di warung terdekat, kebetulan sayaa beli dengan harga seribu rupiah saja. Dan buku yang baru lepas dari segelnya.


Langkahnya

Lanjuuut… Kita solasi seluruh sisi cover buku dengan menggunakan solasi bening sampai rapat dan rapih.

Nah, dengan tertutupnya seluruh sisi cover buku dengan solasi, tanpa perlu sampul plastik, cover buku aman dan ga keriting lagi deh.

Spoiler for Hasilnya:


Ini contoh buku yang sudah hampir setahun ga disampul, Cuma mengandalkan solasi aja, aman sentosa.



2. Membuat Pembatas Halaman Buku


Siapa yang masih suka melipat halaman buku buat menandakan halaman penting? Hmmm.. daripada merusak halaman buku dengan melipat. Yuk, kita buat penanda halaman buku supaya kertas buku aman dari bekas-bekas lipatan.



bahan-bahan

Okeh, untuk membuat pembatas halaman buku, kita Cuma butuh kertas karton (saya pake cover buku tulis bekas yang sudah tidak terpakai dan gunting.


Selanjutnya, gunting kertas tersebut membentuk persegi panjang atau bentuk sesuai keinginan kamu. (tapi tetap diingat, ya. Cuma model dua dimensi aja)


Gunting bagian tengah kertas tadi (jangan sampai putus, ya).



Taraaa… jadi deh, pembatas halaman buku. Simple dan mudah kan?

Spoiler for Pembatas buku:



Okeh, selamat mencoba di rumah. Merawat buku itu sesimpel membeli dan membacanya, kalo udah suka, kan. Semoga bermanfaat.



Salam hangat,
RetnoQr3n
Bgssusanto88
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan Bgssusanto88 memberi reputasi
2
1.4K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan