Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Pengajian Menjelang Berbuka Puasa

Assalamualaikum

Ikut meramaikan event kaskus berbagi cendol berbagi kebaikan, regional serentak. Meskipun suasana sedang berduka karena pandemi covid-19, tapi semangat nggak boleh kendor dong.

Ane mau kasih tau ni, GanSist, tradisi setiap tahun di bulan Ramadhan tepatnya di tempat ane tinggal, Jepara. Tau kan, Jepara tempat kelahiran siapa? Salah satu pahlawan nasional wanita, Kartini. Jadi pengen nyanyi Ibu Kita Kartini😅😅

Setiap memasuki bulan Ramadhan, masjid-masjid pasti diramaikan oleh pengajian menjelang berbuka puasa. Setiap masjid di daerah ane, khususnya daerah Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah. Setiap masjid mengundang ustad atau pengampu untuk membahas kitab yang telah disepakati. Biasanya tentang Fikih atau Tauhid.


Kitab-kitab yang digunakan bukan kitab terjemahan ya, GanSist. Lebih ke kitab kuning yang masih gundul. Nantinya sang ustad akan menjelaskan kepada para jamaah pengajian tentang isi kitab tersebut. Semua boleh ikut, nggak dilarang, nggak ada undangan atau seruan. Semua sudah tau sama tau.


Selama pengajian berlangsung, jamaah terlihat khusu mendengarkan. Namun sayang, sekarang anak-anak muda alias ABG mulai malas untuk mengikuti pengajian tahunan Ramadhan. Yang ane lihat hanya jamaah yang sudah udzur yang membawa serta cucu-cucunya saja yang datang. Mungkin anak-anak muda sekarang lebih suka berselancar di dunia maya, eksis di sana, menjadi apapun yang ia suka.

Dari mulai anak-anak hingga orang tua. Laki-laki dan perempuan, ikut meramaikan masjid-masjid di dekat rumah mereka masing-masing. Biasanya pengajian di mulai satu atau setengah jam sebelum adzan Magrib berkumandang. Kegiatan ini dilakukan setiap hari dari mulai tanggal satu Ramadhan hingga tanggal 27 bulan Ramadhan, di hari terakhir pengajian ditutup dengan bancaan dan khataman Alquran.

Meskipun setiap hari ada pengajian keagamaan di kampung ane, tapi kalo pengajian tahunan Ramadhan hawanya beda aja, GanSist, karena setelah pengajian mereka berbuka puasa bersama. Acara buka bersama kan adanya cuma di Bulan Ramadhan😅.

Sekian thread ane kali ini, moga tetap semangat menjalankan ibadah puasa. Jangan patah semangat, pandemi ini pasti berlalu. Stay at home, stay safe.

Sumber gambar : 1, 2, 3, 4
Diubah oleh iissuwandi 15-05-2020 04:42
chaironi
nohopemiracle
nona212
nona212 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
513
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan