Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ebipoAvatar border
TS
ebipo 
Tradisi Takjilan Berbuka Puasa di Kabupaten Blora

Sumber Gambar

Tradisi Menyambut Bulan Puasa Ramadhan
Takjilan di Kabupaten Blora


Seiring datangnya bulan Puasa atau Ramadhan selama satu bulan penuh, seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar masjid di Blora (dan juga masjid-masjid lain di nusantara), menggelar tradisi takjilan di bulan ramadhan. Pemberian takjil dilakukan menjelang berbuka atau setelah sholat Tarawih.

Banyak macam takjil, seperti nasi, roti, kurma, kolak, teh, maupun camilan tradisional lokal lainnya. Biasanya takjil diberikan kepada orang yang hendak berbuka, termasuk para musafir yang berada dalam perjalanan. Takjil itu dikelola oleh takmir masjid dan disediakan oleh para jamaah masjid setempat.


Sumber Gambar

Takjil disediakan oleh umat secara sukarela sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Apalagi dalam ajaran agama Islam dianjurkan untuk memberi buka puasa secara iklas kepada orang yang berpuasa, karena akan mendapatkan ganjaran yang sama seperti orang yang berpuasa itu. Atas dasar itulah akhirnya takjil diberikan selama bulan puasa dan dipusatkan di masjid, surau, musholla, atau langgar.

Kebiasaan memberi takjil itulah akhirnya menjadi rutinitas dan menjadi tradisi dalam masyarakat kita. Sehingga pada bulan Ramadhan, sudah bisa diduga, masjid-masjid akan lebih ramai dan makmur jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Memang beda antara masjid satu dengan lainnya dalam memberikan takjil kepada para musafir dan orang yang berpuasa, tergantung kemampuan masjid dan masyarakatnya.


Sumber Gambar

Ada yang setiap hari memberi takjil berupa nasi lengkap dengan minuman manis dan kurma, ada yang mampu memberi nasi bungkus dan air putih, ada juga yang berupa roti, snack, dan minuman. Namun yang jelas, pemberian takjil harus didasarkan pada keikhlasan pribadi masing-masing tanpa rasa keterpaksaan.

Fenomena pemberian takjil di masjid-masjid memang sangat beragam. Keberagaman takjil yang disajikan itu kadang membuat penasaran bagi orang yang berpuasa, dan tak jarang mereka memanfaatkan berbuka puasa safari dari satu masjid ke masjid lainnya. Tentu saja, selain untuk mencoba berbagai menu khusus sekalian mengenal keunikan masjid-masjid tersebut.


Sumber Gambar

Apalagi berbuka puasa di masjid tidak membayar alias gratis. Jadi bisa irit selama sebulan. Lepas dari itu semua, memang setiap bulan puasa memberi warna lain di masjid dengan adanya tradisi takjilan di bulan ramadhan. Bukan hanya di Blora saja, melainkan di wilayah-wilayah kota lain pasti juga menyelenggarakan tradisi takjil seperti ini.

Disamping sebagai dianggap kebiasaan menjelang bulan puasa ramadhan, takjil tersebut juga ikut membantu beberapa orang yang memang membutuhkan dalam artian makanan untuk berbuka puasa.


Sumber Gambar



Sumber Gambar

Dikarenakan setiap orang beda-beda dalam hal materi dam kemampuan keuangan selama ramadhan terlebih masa-masa pandemic corona seperti ini. Banyak yang kehilangan pekerjaan, para pedagang pun mengeluh akan kehilangan konsumen setia mereka yang ramai seperti ramadhan tahun lalu.



Sumber : Takjilan Buka Puasa di Kabupaten Blora
zafinsyurga
chaironi
nona212
nona212 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
635
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan