Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hardlenAvatar border
TS
hardlen
4 Obat Alami Atasi Panas Dalam


Ilustrasi. Panas dalam (Medical News Today)




Panas dalam merupakan kondisi yang pernah dialami sebagian banyak orang. Kondisi ini pada umumnya dikaitkan dengan tenggorokan yang nyeri dan tidak nyaman saat menelan, bibir kering pecah-pecah, bau mulut, seriawan, bahkan kesulitan buang air besar.

Banyak orang mengira bahwa panas dalam merupakan sebuah istilah penyakit. Namun, panas dalam sendiri tidak dikenal dalam dunia medis. Panas dalam sendiri merupakan sejumlah gejala dari penyakit yang menyerang tenggorokan atau infeksi virus dan bakteri.

Mengutip Alodokter, panas dalam bisa terjadi ketika seseorang terlalu banyak menyantap makanan yang diolah dengan suhu tinggi seperti gorengan, atau berbagai jenis makanan lain seperti cokelat, durian, serta makanan dengan bumbu kuat.

Ketika sedang mengalami panas dalam, kebanyakan orang akan mengonsumsi langsung berbagai jenis obat yang dijual di apotek dan pasaran.

Namun sebenarnya terdapat beberapa cara alami yang dapat meredakan kondisi panas dalam dengan efektif. Berikut beberapa obat panas dalam alami yang mampu membantu.

1. Minum air putih

Minum air putih merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk mengurangi rasa panas yang sedang Anda alami. Pasalnya, air putih mampu membantu melembapkan tenggorokan serta dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Kumur air garam

Jika Anda merasa bosan minum air putih, Anda juga dapat melakukan cara lain dengan berkumur air garam. Untuk membuatnya, Anda dapat melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

3. Konsumsi sayur dan buah

Dikenal sebagai jenis makanan yang mampu menyediakan banyak khasiat, sudah tak perlu diragukan lagi bila sayur dan buah-buahan dapat meredakan rasa panas dalam.

Hampir semua jenis sayur dan buah menyimpan kandungan vitamin, mineral, serta serat tinggi di dalamnya yang dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Minum madu

Khasiat madu untuk mengobati berbagai jenis gangguan tenggorokan sudah umum dikenal oleh sebagian masyarakat. Jika Anda sudah mulai terasa mengalami panas dalam, Anda dapat mengambil madu dan mengonsumsinya baik secara langsung atau dicampur ke dalam air hangat, teh, dan yang lainnya.
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
633
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan