Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

i71lm4c4nAvatar border
TS
i71lm4c4n
Bappenas Cari Pendanaan US$ 429 di Inggris untuk Bangun Infrastruktur

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro tengah menawarkan proyek infrastruktur di Indonesia selama lima tahun ke invenstor Inggris.

Hal itu dilakukan dalam acara Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019 di London, Inggris.

Bambang menceritakan, selama lima tahun Indonesia membutuhkan dana investasi infrastruktur sebesar US$ 429,7 miliar atau meningkat 20% dibandingkan kebutuhan selama lima tahun pada periode 2015-2019 yang sebesar US$ 359,2 miliar.

"Saya berada di London dalam rangka IIFW yang beralangsnung sejak kemarin, saya bersama Gubernur BI yang memberikan keynote sekaligus memberikan gambaran potensi investasi di Indonesia khususnya infrastruktur," kata Bambang saat Konfrensi Call, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Pak Jokowi, Jangan Lupa Benahi Ketenagakerjaan dan Industri

Bambang menawarkan sekitar 113 proyek infrastrukur kepada investor asal Inggris. Di mana, proyek yang ditawarkan ini dengan skema kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU/PPP) dan Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) alias 100% asing.

Mantan Menkeu ini menyebutkan, proyek infrastruktur dengan skema KPBU terdapat 83, sedangkan dengan skema PINA sebanyak 30.

"Yang kita tawarkan ke Inggris adalah 83 proyek dengan skema KPBU/PPP nilainya di atas 40 miliar dolar, satu lagi skema PINA atau full privet nilainya di atas 50 miliar dolar jumlahnya 30 proyek," ujar dia.

"Proyeknya seperti jalan tol, bandara, pembangkit listrik, waste energy, air bersih, air minum, dan projek manufaktur, dan infrastruktur migas," tambah dia.

Baca juga: Pembangunan Jalur Kereta Lahat-Tarahan Bakal Libatkan Swasta

Bambang berharap melalui IIIF 2019, investor asal Inggria di Indonesia semakin banyak. Saat ini, Inggris tercatat sebagai investor urutan 14 di tanah air.

"Investasi banyak dari Igggris tapi dilakukan nelaluu anak usaha yang ada di Singapura," kata dia.

Setelah Inggris, Bambang juga akan menuju Paris dengan misi yang sama, yaitu menjual proyek infratruktur ke para pemilik modal di sana.

(hek/dna)

Sumber:https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-4609941/bappenas-cari-pendanaan-us-429-di-inggris-untuk-bangun-infrastruktur?tag_from=wpm_nhl_6

0
1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan