Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
Civil War in China
Quote:




Pengantar Thread

Ketegangan yang sering terjadi antara Republik Rakyat Cina yang berada di daratan Cina dengan Republik Cina yang berada di Pulau Taiwan, dilatarbelakangi oleh sejarah pertikaian antara Partai Nasional Cina dengan Partai Komunis Cina. Kedua partai tersebut sangat berperan penting dalam menjalankan sistem kenegaraan masing-masing negara.

Kuo Mintang dan Kun Chang Tang pada awalnya saling bekerjasama, tetapi kemudian mereka saling bertikai. Bila mereka menghadapi ”musuh bersama”, mereka saling bekerjasama, tetapi setelah terselesaikan mereka kembali bertikai.

Pertikaian tersebut terjadi karena adanya perbedaan ideologi mendasar di antara masing-masing partai. Kuo Mintang yang berdasarkan San Min Zhu Yi, suatu trisila yang dirumuskan oleh Sun Yatsen. Trisila yang ingin membebaskan rakyat dari penindasan kolonialisme dan imprealisme, memberlakukan Trias Politika dan Parlementaris, dan mewujudkan keadilan sosial dan kemakmuran bersama.

Sedangkan Kun Chang Tang sendiri berdasarkan ideologi komunisme. Komunis juga ingin mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, tetapi cara yang digunakan adalah melalui revolusi rakyat yang bersifat radikal. Kun Chang Tang juga didasarkan atas Marxisme, Leninisme dan pemikiran Mao Zedong.

Adanya perbedaan ideologi yang tajam diantara keduanya, maka persatuan anatara Kuo Mintang dan Kun Chang Tang sulit dilaksanakan. Sehingga, pada 1 Oktober 1949 Mao Zedong mengumunkan berdirinya Rebublik Rakyat Cina yang berasaskan komunis. Sedangkan Chang Kai Sek dan para pengikutnya yang terdesak melarikan diri ke Taiwan.

nah, kata pengantar diatas tersebut adalah hasil copas dari salah satu sumber berita thread.

jadi perang saudara di China pasca dinasti Qing dan berdirinya Republik China terjadi diawali dengan perang Warlord dimana para "raja /panglima perang" lokal dengan kekuatan militer bertebaran di China.

di tengan tengah kekacauan perang Warlord pada masa itu, Dr. Sun Yat Sen , yang menjadi perekat dan pemersatu bagi KMT/ Nasionalis dan KCT/ Komunis mangkat .. dan dimulailah ketegangan antara ke 2 faksi tersebut.

ketegangan semakin meningkat dan pada tahun 1927 dibawah pimpinan Jendral Omar Bai Chongxi meletuslah Shanghai massacre oleh NRA (National Revolutionary Army)/ Nasionalis KMT.

peristiwa tersebut adalah awal dari perang berkepanjangan antara kelompok Nasionalis dan Komunis (sempat brenti - setengah hati - sebentar pas invasi Jepang) dan baru usai pada akhir 1949 dengan hasil berdirinya Taiwan/ Republic of China yang terpisah dari RRC/ People's Republic of China.

Quote:





------- emoticon-Ngacir


Diubah oleh mosquit0 22-11-2015 12:37
0
14.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan